Sukses

5 Tips Beli Laptop Gaming Khusus untuk Pemula

Berikut beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop gaming, terutama untuk kamu yang baru terjun menjadi seorang gamer.

Liputan6.com, Jakarta - Bermain gim memang kegiatan yang menyenangkan, bahkan telah menjadi tren tersendiri yang sangat merebak. Banyak jenis gim yang dimainkan melalui konsol gim, perangkat mobile, hingga laptop.

Meski saat ini jumlah pemain pada perangkat mobile terus meningkat, tak terbantahkan jika masih banyak gamer yang belum bisa lepas dari perangkat laptop.

Hal ini bisa terjadi karena perangkat mobile dianggap punya keterbatasan pada ketersediaan aplikasi permainan di Play Store atau App Store.

Begitu pula dengan konsol, gim di PlayStation 1 (PS1) misalnya, tentu tidak bisa dimainkan di PS2. Dengan demikian, tak heran kalau laptop masih jadi idola para gamer.

Melihat minat masyarakat akan laptop gaming yang masih cukup besar, vendor produsen laptop  gaming pun berlomba-lomba dalam memasarkan perangkat terbaru mereka dengan performa maksimal untuk para gamer.

Buat kamu yang mau membeli laptop gaming, tentu tak bisa sembarangan membeli. Jika salah memilih laptop, hal ini bisa membuat kocekmu terbuang sia-sia karena pengalaman bermain gim bisa otomatisterganggu.

Ambil contoh saja saat kamu memilih laptop dengan kualitas grafis kurang, pasti gim yang kamu mainkan akan tidak maksimal karena gim tersebut memiliki spesifikasi grafis tinggi.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop  gaming, terutama untuk kamu yang baru terjun menjadi seorang gamer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Prosesor

Sebelum memilih laptop, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagian prosesor. Pilihlah prosesor Core i5 ke atas kalau prosesor laptopmu memakai prosesor Intel.

Pilih juga prosesor dengan versi “M”, bukan versi “U” karena jenis “U” biasanya diperuntukkan kegiatan ringan saja.

Tak kalah penting juga untuk memperhatikan kecepatan prosesor yang disebut dalam satuan GHz. Semakin tinggi angka GHz ini, maka semakin cepat pula kinerja laptop tersebut.

Kalau kamu punya dana terbatas, laptop dengan prosesor Intel Core i5 generasi Skylake juga bisa jadi pilihanmu.

3 dari 6 halaman

2. VGA

Kualitas grafis dari kartu grafis (VGA) juga harus diutamakan saat membeli laptop.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kualitas dari VGA tersebutlah yang akan memengaruhi tampilan dan kualitas gambar saat kamu bermain gim, terutama untuk gim dengan skala berat.

Jika gim yang kamu mainkan mempunyai grafis berat, sedangkan kualitas grafis pada laptop kurang bagus, tampilan video gim pasti akan patah-patah.

Sejauh ini, terdapat dua vendor kartu grafis untuk pasar laptop gaming, yaitu nVidia GeForce dan AMD Radeon. Untuk bermain gim berat, nVidia GeForce lebih disarankan.

4 dari 6 halaman

3. Layar

Tampilan gim tentunya akan mempengaruhi pengalaman bermain kamu. Bukan hanya mengandalkan kartu grafis, kualitas layar laptop juga akan berpengaruh.

Sebisa mungkin, pilihlah laptop dengan ukuran minimal 14 inci dan resolusi layar full HD untuk mendapatkan pengalaman gaming yang sempurna.

5 dari 6 halaman

4. RAM

Sama seperti prosesor, peran RAM pada laptop gaming juga sama-sama penting. Selain mempercepat kinerja gim, RAM berfungsi untuk menyimpan grafis gim yang sedang dimainkan.

Untuk itu, pilihlah RAM dengan kapasitas minimal sebesar 4 GB, apalagi jika gim yang biasa dimainkan adalah gim berat.

Perhatikan juga apakah laptop yang hendak dibeli memungkinkan untuk upgrade RAM atau tidak. Sebab, ketika kamu mulai merasa bahwa RAM yang tertanam kurang memadai,  kamu bisa menambah lagi kapasitas RAM tersebut tanpa harus mengganti laptop.

6 dari 6 halaman

5. Hard Disk

Hardisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data.

Ketika kamu menyimpan permainanmu, ruang kosong pada hardisk lah yang akan terpakai. Sebelum membeli laptop gaming, pilihlah hardisk dengan kapasitas besar, karena gim yang dimainkan di laptop biasanya akan membutuhkan ruang yang sangat besar.

Laptop dengan kapasitas hardisk 500 GB sudah cukup untuk menyimpan banyak data. Kalau budget-mu untuk membeli laptop cukup besar, kamu bisa memilih laptop dengan hardisk SSD, yang mampu membuat gim yang dimainkan akan terasa baik performanya.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.