Sukses

Samsung Siapkan Smartphone Lipat Galaxy F?

Penggunaan Galaxy F disebut akan menggantikan Galaxy X, nama yang sebelumnya dipredksi sebagai smartphone lipat Samsung.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan tengah menyiapkan lini smartphone baru yang diberi nama Galaxy F. Informasi ini diketahui dari salah akun yang kerap membocorkan informasi soal smartphone baru, yakni @MMDDJ.

Meski tak banyak informasi yang bisa diumbar, akun tersebut hanya menulis cuitan singkat yang lantas diduga kuat sebagai model anyar dari Samsung. "Hello, Galaxy F!" tulis akun tersebut pada 26 Juli 2018.

Dari cuitan itu, beragam respon pun mengalir mempertanyakan kebenarannya. Salah satunya ada akun yang ingin memastikan apakah perangkat ini menggantikan lini Samsung yang ada saat ini dan masuk sebagai perangkat kelas apa.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (31/7/2018), akun tersebut hanya menjawabnya sebagai perangkat super-high.

Dari jawaban itu, sejumlah pihak memprediksi perangkat ini akan menjadi lini high-end terbaru dari Samsung.

Tak sedikit pula yang mengaitkan lini Galaxy F ini merupakan model smartphone lipat Samsung.

Alasannya, akun yang sama pernah menulis bahwa smartphone lipat Samsung tidak menggunakan nama Galaxy X, sehingga menguatkan anggapan Galaxy F akan menjadi nama dari perangkat ini.

Adapun informasi seputar Galaxy X sendiri sudah diketahui sejak beberapa bulan lalu. Akan tetapi, Samsung hingga saat ini belum memberikan keterangan terkait rumor smartphone lipat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Smartphone Lipat Samsung Galaxy X Mejeng di Situs Resmi

Keberadaan Galaxy X juga diperkuat dengan laporan seseorang yang sudah menemukan keberaadaan perangkat ini di situs resmi Samsung pada November 2017. 

Dikutip dari Forbes, perangkat ini sudah memiliki nomor model sendiri, yakni SM-G888No.

Nomor SM-G888 memang disebut-sebut merupakan kode dari smartphone ini sejak lama, sedangkan tambahan 'No' menandakan perangkat ini hanya ada di pasar Korea Selatan.

Informasi ini turut mendukung kabar sebelumnya yang menyebut Galaxy X memang hanya akan rilis di satu wilayah saja. 

Akan tetapi, sejumlah pihak memprediksi Samsung tak akan langsung memproduksi massal perangkat ini. Perusahaan asal Korea Selatan itu disebut ingin mengambil pasar berbeda dengan memperkenalkan perangkat anyar ini.

3 dari 3 halaman

Samsung Bakal Rilis Smartphone Lipat Awal 2019

Samsung sendiri diyakini akan menjadi vendor pertama yang merilis smartphone lipat. Menurut laporan baru, Samsung akan merilis smartphone lipat dengan layar 7 inci pada awal 2019.

Dilansir GSM Arena, Jumat (20/7/2018), Samsung disebut meyakini kehadiran smartphone ini akan kembali menghidupkan permintaan terhadap ponsel premium.

Smartphone yang masih dalam bentuk purwarupa ini akan dirilis pertama kali dengan menargetkan pengguna gamer. Harga jual diperkirakan paling murah US$ 1.500 atau setara Rp 21,3 juta (asumsi kurs US$ 1/Rp 14.256).

Dari segi desain, smartphone ini dapat dilipat seperti sebuah dompet. Menurut orang yang pernah melihat prototype, layar utama smartphone tersebut berada di bagian dalam ketika dilipat.

Ketika dilipat, layar kedua akan berada di bagian luar yang berfungsi untuk memperlihatkan notifikasi.

Samsung dilaporkan memiliki rencana yang lebih besar untuk smartphone lipat pada semester II 2018. Varian smartphone ini akan menjadi seri flagship ketiga Samsung setelah Galaxy S dan Note.

Menurut sejumlah eksekutif Samsung, produk ini tidak hanya salah satu revolusi terbesar dalam desain smartphone, tapi sekaligus juga proyek prioritas bagi perusahaan.

Proyek lainnya adalah speaker pintar dengan kode nama Lux, yang diperkirakan akan diumumkan bersamaan Samsung Galaxy Note 9.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.