Sukses

Samsung Pamer Layar OLED Tahan Banting

Nantinya, layar OLED generasi teranyar ini akan diimplementasikan ke smartphone baru.

Liputan6.com, Seoul - Samsung belum lama ini dilaporkan tengah menggarap layar OLED dengan teknologi mutakhir.

Teknologi yang dimaksud, bisa membuat layar OLED tersebut tahan banting. Nantinya, layar OLED generasi teranyar ini akan diimplementasikan ke smartphone baru.

Menurut informasi yang dilansir Mirror pada Sabtu (27/7/2018), raksasa teknologi asal Korea Selatan ini juga telah menguji prototype layar OLED dengan menjatuhkannya dari ketinggian 1,2 meter sebanyak 26 kali.

Hasilnya, layar OLED sama sekali tidak menunjukkan kerusakan. Layar tersebut bahkan juga telah dijatuhkan dari jarak ketinggian yang lebih tinggi, yakni 1,8 meter--nyaris sejarak enam kaki.

Layar OLED tersebut bahkan juga sukses melewati uji ketahanan dengan standar militer dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS).

Bersamaan dengan uji drop test dan ketahanan, layar bahkan mampu bertahan di suhu panas ekstrem 71 derajat Celcius serta suhu terdingin -32 derajat Celcius.

Samsung mengungkap layar OLED-nya ini tak cuma digunakan untuk smartphone kelak. Nantinya, layar OLED juga akan digunakan untuk perangkat Samsung lain, seperti tablet, layar mobil, serta konsol gim portabel.

Layar OLED ini dikembangkan langsung oleh divisi Samsung Display, dan telah disertifikasikan oleh Underwriter Laboratories (UL). UL adalah perusahaan pengujian perangkat yang berada di bawah OSHA (Occupational Safety and Health Administration of the U.S. Department of Labor). Perusahaan bertugas untuk memastikan keamanan dari perangkat yang diuji.

Hojung Kim, General Manager Communication Team Samsung Display juga mengklaim kalau layar OLED tersebut sangat fleksibel. Ia bahkan menyamakan kekuatan layar tersebut dengan material kaca jendela.

"Layar OLED terbaru ini memiliki karakteristik tahan banting. Tak cuma itu, layar tersebut juga sangat ringan dan lentur, mirip dengan kaca jendela," kata Kim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Smartphone Lipat Samsung Siap Meluncur Tahun Depan?

Terlepas dari layar OLED terbaru Samsung, rumor seputar smartphone lipat besutan Samsung sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu. Meski masih simpang siur, kabar terbaru menyebut Samsung siap untuk memperkenalkannya tahun depan.

Laporan surat kabar Korea Selatan, The Bell, menyebut smartphone yang dikenal sebagai Galaxy X ini akan diperkenalkan pada awal tahun depan, tepatnya saat gelaran Mobile World Conggress (MWC) 2019.

Galaxy X juga memiliki kode nama baru yakni, Winner. Sebelumnya, proyek perangkat lipat ini bernama Valley dan sudah terdengar kabarnya sejak 2015.

Laporan menyebut smartphone lipat ini memiliki dua layar OLED berukuran 3,5 inci yang dapat dilipat. Saat dibentangkan, ukuran layar tersebut menjadi dua kali lipat lebih besar, yakni 7 inci.

Namun, masih belum dapat diketahui seperti apa bentuk smartphone tersebut. Terlebih, bocoran itu disebut-sebut masih berupa purwarupa, sehingga ada kemungkinan dilakukan perubahan desain.

Mengingat smartphone lipat ini akan hadir di ajang MWC 2019, Samsung dilaporkan juga menggeser waktu peluncuran seri Galaxy S-nya. Untuk informasi, gelaran MWC biasanya menjadi ajang debut seri perangkat premium Samsung tersebut.

Karena itu, seperti dikutip dari BGR, Minggu (6/5/2018), Galaxy S10 akan diperkenalkan pada ajang Consumer Electronics Show 2019. Perbedaan waktu rilis itu dilakukan agar masing-masing produk mendapatkan perhatian yang sama.

Lebih lanjut, proses manufaktur Galaxy S10 akan dilakukan mulai awal Oktober tahun ini. Mengingat ini masih sebatas rumor, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Samsung.

3 dari 3 halaman

Samsung Pastikan Smartphone Lipat Bukan Sekadar Gimmick

Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung DJ Koh juga sempat mengungkap sedikit informasi seputar smartphone. Meski tak menyebut secara langsung, Koh memastikan perangkat ini bukan sekadar gimmick.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Koh dalam wawancarannya dengan CNET usai gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018. 

"Saya yakin Samsung akan memberikan pengalaman terbaik saat meluncurkan kategori baru," tuturnya, seperti dikutip dari CNET, Senin (26/2/2018). Meski tak mengungkap informasi detail, Koh memastikan akan menceritakan lebih banyak pada saatnya.

Perusahaan asal Korea Selatan itu memang sejak lama dikabarkan akan meluncurkan smartphone lipat. Bahkan, rumor seputar perangkat ini sempat beberapa kali muncul.

Menurut President of Mobile Communications Business Samsung Electronics, DJ Koh, saat September 2017 Samsung awalnya akan merilis perangkat lipat pada 2018.

Koh mengatakan, smartphone lipat direncanakan ada dalam portofolio pada 2018. Namun, hingga saat ini belum ada laporan baru, ada kemungkinan perusahaan merivisi rencana itu.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.