Tak Ada Modem Qualcomm di iPhone 2018

Oleh Andina Librianty pada 26 Jul 2018, 17:00 WIB
PHOTO: Rela Antre Demi Dapatkan iPhone x dan iPhone 8

Liputan6.com, Jakarta - Apple sejak 2016 menggunakan modem dari Qualcomm dan Intel untuk iPhone. Namun, Apple dilaporkan tidak menggunakan modem Qualcomm untuk iPhone 2018.

Dilansir Phone Arena, Kamis (26/7/2018), informasi baru ini berasal dari Chief Financial Chief Qualcomm, George Davis. Menurut perkiraannya, Apple hanya akan menggunakan modem dari kompetitornya untuk iPhone terbaru.

Pernyataan ini sekaligus membantah laporan sebelumnya, yang menyebutkan Qualcomm akan menyuplai 30 persen dari total modem yang dibutuhkan Apple.

"Kami meyakini Apple hanya ingin menggunakan model dari para kompetitor kami ketimbang menggunakan milik kami untuk iPhone terbaru. Kami akan terus menyediakan model untuk perangkat Apple yang ada," ungkap Davis.

Qualcomm akan terus menyuplai modem untuk model iPhone yang masih dijual oleh Apple. Namun, perusahaan belum bisa memastikan kemungkinan menyuplai modem untuk iPhone baru di masa depan.

Kendati demikian, mengingat industri yang sangat dinamis, perusahaan tidak menutup pintu peluang untuk bekerja sama.

Sejauh ini belum ada penjelasan tentang keputusan Apple tersebut. Terlepas dari isu kerja sama ini, modem Intel dilaporkan mendukung jaringan CDMA dan GSMA.

Sebelumnya, modem Qualcomm dibutuhkan untuk perangkat CDMA, sedangkan Intel untuk GSM.

2 of 3

iPhone 2018 Bakal Dijual Sepaket dengan Charger Generasi Teranyar

PHOTO: Rela Antre Demi Dapatkan iPhone x dan iPhone 8
Sebuah iPhone 8 terbaru dipajang di gerai iBox, Central Park, Jakarta, Jumat (22/12). iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X dijual dengan harga 15 hingga 20 juta rupiah tergantung kapasitas memori. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Apple akan merilis tiga iPhone baru pada September 2018. Ketiganya dilaporkan memiliki peningkatakan kualitas dibandingkan para pendahulunya, termasuk teknologi fast charging baru.

Ketiga iPhone tersebut dilaporkan akan memiliki USB-C 18W fast charging di dalam boks. Namun menurut laporan, Apple nanti tidak akan menjual USB fast charging tersebut secara terpisah.

Menurut sumber, hanya pembeli iPhone 2018 yang akan bisa mendapatkan charger baru tersebut. Apple tidak akan menjualnya secara terpisah di toko-toko resminya.

Kendati demikian, masih ada kemungkinan Apple akan mengubah rencananya itu. Pihak Apple sendiri sejauh ini enggan menanggapi berbagai rumor dan prediksi tentang jajaran produk yang belum resmi diumumkan.

3 of 3

Semua iPhone 2018 Tak Akan Punya Sensor Sidik Jari

PHOTO: Rela Antre Demi Dapatkan iPhone x dan iPhone 8
Sebuah iPhone X terbaru dipajang di gerai iBox, Central Park, Jakarta, Jumat (22/12). iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X dijual dengan harga 15 hingga 20 juta rupiah tergantung kapasitas memori. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Semua iPhone 2018 dilaporkan memiliki desain edge-to-edge dengan bezel tipis dan notch yang berfungsi untuk Face ID. Jika merujuk pada laporan tersebut, maka semua iPhone baru pada tahun ini tidak akan memiliki tombol home dan sensor sidik jari. Ketiganya akan memiliki desain serupa, tapi dengan sejumlah perbedaan spesifikasi.

Informasi ini berasal dari akun Twitter Benjamin Geski, yang kerap memberikan bocoran tentang smartphone baru. Ia mengunggah panel depan ketiga iPhone yang akan dirilis pada tahun ini, termasuk varian baru iPhone X.

Ketiga smartphone Apple ini akan memiliki ukuran layar berbeda. Varian 5,8 inci akan memiliki desain serupa dengan iPhone X 2017, termasuk ukuran bezel dan notch. iPhone X Plus akan memiliki layar OLED 6,5 inci dengan ukuran bezel dan notch mirip iPhone X.

Satu varian iPhone yang paling murah di antara ketiganya memiliki panel LCD 6,1 inci, serta dibingkai dengan bezel lebih tebal dan notch lebih besar dibandingkan iPhone X. Di luar dua hal tersebut, iPhone "murah" memiliki desain serupa dengan "saudaranya" yang lebih premium.

Adapun pihak Apple sampai saat ini enggan membeberkan bocoran soal produk terbarunya. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu dikenal pelit bicara, dibandingkan sejumlah vendor lain yang kerap merilis teaser sebelum merilis smartphone baru.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓