Sukses

Planet Mars Bisa Dilihat Langsung Selama Gerhana Bulan Terlama

Kita bisa mengintip wajah Planet Merah saat peristiwa gerhana bulan total terlama berlangsung. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana bulan total kali ini menjadi topik yang hangat diperbincangkan masyarakat. Bagaimana tidak, fenomena alam yang bakal berlangsung pada akhir pekan ini diklaim sebagai gerhana bulan total dengan durasi terlama di abad ke-21.

Ada fakta menarik di balik gerhana bulan total terlama nanti, salah satunya adalah kabar di mana Planet Mars juga akan bisa disaksikan bersamaan dengan peristiwa itu.

Lantas, bagaimana cara menyaksikan wajah Planet Merah saat gerhana bulan total terlama berlangsung? Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengungkap caranya.

"Lintasan Bulan dekat dengan garis tengah lingkaran bayangan Bumi, jarak Bulan juga saat itu menjauh dari Bumi. Karenanya, Purnama nanti akan berada di dalam kegelapan bayangan Bumi lebih lama," ujar Thomas kepada Tekno Liputan6.com.

Dari situ, Purnama bakal meredup dan memendarkan warna sedikit kemerahan. Di situ, kita bisa menyaksikan satu titik terang kemerahan di samping kiri Purnama.

"Itu adalah Planet Mars. Planet tetangga Bumi yang mengalami Purnama juga, sehingga kalau dilihat (dari Bumi) hanya tampak seperti titik bintang yang terang," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bernama Micro Blood Moon

Gerhana bulan total terlama yang bakal berlangsung pada akhir pekan ini akan disebut dengan nama "Micro Blood Moon". Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Dijelaskan Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin kepada Tekno Liputan6.com, Rabu (25/7/2018), gerhana bulan total Micro Blood Moon akan berlangsung kala jarak Bumi dan Bulan mencapai 406.000 kilometer. Jarak ini diklaim lebih jauh ketimbang jarak normal yang biasanya mencapai 384.000 kilometer.

"Gerhana bulan total ini bakal terjadi saat Purnama terjauh. Disebutnya Micro Blood Moon," ujar Thomas.

Untuk diketahui, LAPAN mengungkap peristiwa gerhana terjadi pukul 01.24-05.19 WIB. Sementara, fase total akan berlangsung pukul 02.30-04.13 WIB. Semua diperkirakan akan terjadi dalam durasi satu jam 43 menit.

Thomas mengatakan, proses pengamatan gerhana bulan total terlama ini tidak akan dilakukan secara umum. Pasalnya, gerhana bakal berlangsung sejak dini hari sampai Subuh.

"Ya, nanti kita bakal lakukan pengamatan, tapi bukan untuk umum karena gerhana ini bakal terjadi di dini hari pada 28 Juli 2018," tandasnya.

Saat ditanyakan apakah ada pengamatan khusus terhadap peristiwa alam ini, Thomas berkata kalau pihaknya hanya ingin mengabadikan momen gerhana bulan saja. "

Tidak ada tujuan sains, hanya untuk mengabadikan foto proses gerhana bulan total saja," tutup Thomas.

3 dari 3 halaman

Puncak Gerhana

Dijelaskan peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto, seluruh wilayah Indonesia memiliki kesempatan untuk melihat gerhana bulan total pada 28 Juli, tepat pada waktu dini hari.

“Puncaknya pukul 03.23 WIB. Di banyak berita disebutkan tanggal 27 Juli (waktu Greenwich, UK),” ujar Rhorom kepada Tekno Liputan6.com via pesan teks.

Terkait durasi gerhana, Rhorom mengungkap durasi gerhana total 1 jam 43 menit. Lalu, kenapa durasi gerhana bulan kali ini lebih lama dari biasanya?

“Memang lama karena saat itu Bulan jauh dari Bumi (di titik apogee, tampak sebagai micromoon), kebalikan dari Super Blue Blood Moon pada Januari lalu,” tandasnya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.