Tantangan Smartfren Jaga Kualitas Layanan

Oleh Iskandar pada 25 Jul 2018, 17:00 WIB
Presiden Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi penyedia deteksi kecepatan internet nPerf, baru saja mengungkap data terkait kecepatan internet dari masing-masing operator di Indonesia. Smartfren tercatat menjadi operator paling ngebut.

Hal ini didasarkan pengujian sebanyak 319 ribu kali antara awal Januari hingga akhir Juni 2018 lewat aplikasi nPerf.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys mengatakan hasil pengujian nPerf merupakan tantangan bagi Smartfren untuk konsisten menjaga kualitas layanan.

"Ini merupakan challenge bagi Smartfren untuk selalu menjaga kualitas dan memenuhi ekspektasi mereka yang rata-rata lebih tinggi dari pengguna internet yang awam," ujar Merza kepada Tekno Liputan6.com via aplikasi pesan singkat, Rabu (25/7/2018) di Jakarta.

Dalam data yang dipaparkan nPerf, Merza melanjutkan, record menunjukkan bahwa success ratio layanan data Smartfren bukan hanya tertinggi, tapi konsisten atau stabil selalu di atas selama enam bulan belakangan ini.

"Artinya Smartfren mampu menjaga stabilitas layanan tanpa tergantung pada saat high atau low traffic," ucapnya.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) ini pun mengklaim, di mana pun dan kapan pun layanan Smartfren 99,9 persen selalu 4G.

"Jadi, Smartfren adalah operator seluler yang tidak memberikan layanan yang lebih rendah dari 4G," pungkasnya.

2 of 3

Siapa Operator Seluler dengan Internet Paling Cepat di Indonesia?

[Bintang] Ilustrasi ponsel
Ilustrasi pengguna smartphone. (Sumber Foto: Pexels)

Seiring dengan teknologi yang digunakan oleh operator seluler, kecepatan internet di Indonesia kini semakin baik.

Kehadiran jaringan 4G dan 4,5G yang banyak dinikmati di kota-kota besar hingga kabupaten pun membuat pengguna kian leluasa mengakses segala layanan di dunia maya. Browsing, media sosial, streaming musik dan video pun bisa lebih cepat.

Nah, di antara sekian banyak operator telekomunikasi yang menghadirkan layanan internet di Indonesia, operator mana yang internetnya paling ngebut?

Mengutip data yang dimuat laman aplikasi penyedia deteksi kecepatan internet nPerf, Smartfren diklaim menjadi operator dengan kecepatan internet paling ngebut.

Hal ini didasarkan pengujian sebanyak 319 ribu kali antara awal Januari hingga akhir Juni 2018 lewat aplikasi nPerf.

Menurut laporan nPerf, Smartfren dinyatakan unggul dalam kecepatan internet di beberapa kategori. Meski begitu, operator telekomunikasi lainnya juga ada yang unggul di berbagai kategori.

Misalnya saja, untuk kecepatan download di jaringan 2G/3G/4G, internet Smartfren dinyatakan paling ngebut dengan kecepatan rata-rata 13,94Mbps.

Selanjutnya disusul oleh Telkomsel dengan kecepatan rata-rata 6,27Mbps, Bolt dengan kecepatan rata-rata 5,85Mbps, XL dengan kecepatan rata-rata 5,41Mbps, Indosat Ooredoo 2,82Mbps, dan Tri dengan kecepatan rata-rata 2,75Mbps.

Pada kategori lainnya, yakni kecepatan upload untuk jaringan 2G/3G/4G, Telkomsel dinyatakan lebih unggul dengan kecepatan rata-rata 4,41Mbps.

Smartfren bertengger di bawahnya dengan kecepatan unggah 4,21Mbps, diikuti XL Axiata dengan kecepatan 3,95Mbps, Tri dengan kecepatan 2,83Mbps, Indosat Ooredoo dengan kecepatan internet 2,33Mbps, dan Bolt 1,08Mbps.

"Seperti pada 2017, Telkomsel menyediakan hasil terbaik untuk kecepatan upload pada paruh pertama 2018," demikian tulis nPerf.

Soal rata-rata latensi atau jeda waktu dalam pengantaran paket data ke penerima, lagi-lagi Smartfren paling cepat dengan waktu 68,98 mili second (ms) diikuti XL Axiata (85,53ms), Tri (92,64ms), Bolt (98,13ms), Telkomsel 101,51ms, dan Indosat Ooredoo (111,94ms).

Selanjutnya dilihat dari aspek waktu loading browsing untuk jaringan 2G/3G/4G, Telkomsel memiliki waktu loading paling singkat. Posisi selanjutnya ditempati oleh Smartfren, Tri, XL Axiata, Bolt, dan Indosat Ooredoo.

3 of 3

Kecepatan Streaming dan Layanan 4G

[Bintang] Ilustrasi ponsel
Ilustrasi pengguna smartphone. (Sumber Foto: Pexels)

Salah satu hal yang kini dilakukan pengguna saat membuka smartphone adalah streaming konten video maupun musik.

Berdasarkan pengujian di aplikasi nPerf, streaming di jaringan internet XL Axiata dan Bolt ternyata memiliki tingkat performa terbaik saat streaming video.

Performa terbaik selanjutnya adalah Tri, Telkomsel, Smartfren, dan Indosat Ooredoo.

Lain lagi dengan rata-rata koneksi 4G yang dites sebanyak 158 ribu pengujian. Hasilnya, baik Bolt dan Smartfren memiliki layanan 4G terbaik pada paruh pertama 2018.

Posisi selanjutnya sebagai operator dengan layanan 4G terbaik ditempati oleh XL Axiata, Tri, Telkomsel, dan Indosat Ooredoo.

Tentunya, hal ini tidaklah mengherankan. Sebab, jika dibandingkan operator telekomunikasi lainnya, Bolt dan Smartfren memang hanya menjalankan layanan 4G dan 4,5G.

Berbeda dengan operator seluler Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Tri yang sampai saat ini masih menyuguhkan layanan mulai dari 2G hingga 4,5G.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓