Sukses

Tips Menyaksikan Gerhana Bulan Terlama pada 28 Juli

Bagi kamu yang tidak ingin melewatkan momen ini, berikut hal yang harus kamu perhatikan sebelum melihat gerhana bulan, agar memberikan pengalaman berkesan.

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana bulan total yang bakal berlangsung pada akhir pekan ini bisa dibilang sangat spesial.

Bagaimana tidak, gerhana bulan total kali ini disebut-sebut akan menjadi gerhana paling lama di abad ke-21.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), mengungkap peristiwa gerhana terjadi pukul 01.24-05.19 WIB.

Sementara, fase total akan berlangsung pukul 02.30-04.13 WIB. Semua diperkirakan akan terjadi dalam durasi satu jam 43 menit.

Fenomena ini bisa kita saksikan diseluruh Indonesia pada Sabtu, 28 Juli 2018 dini hari. Bagi kamu yang tidak ingin melewatkan momen ini, berikut hal yang harus kamu perhatikan sebelum melihat gerhana bulan total, agar memberikan pengalaman berkesan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Meskipun gerhana ini bisa kamu saksikan dimana saja, ada beberapa tempat yang bisa menjadi rekomendasi kamu untuk melihat gerhana agar lebih jelas.

Seperti lapangan yang luas, rooftop, atau balkon rumah. Selain itu, hindari tempat-tempat yang banyak polusi seperti mal, karena cahaya bulan tidak akan terlihat secara maksimal.

3 dari 5 halaman

2. Mengunjungi Tempat Peneropongan Umum

Jika kamu ingin melihat fenomena gerhana bulan ini lebih dekat, kamu bisa mengunjungi tempat Peneropongan Umum yang terdapat di kotamu.

Bagi warga Ibu Kota, Planetarium Jakarta bisa menjadi tujuan utama kamu jika ingin menyaksikan fenomena tersebut.

Untuk yang berada di kota kembang Bandung, Kantor Pusat Sains Antariksa LAPAN bisa menjadi tempat yang tidak akan kamu lupakan saat menyaksikan gerhana bulan ini.

4 dari 5 halaman

3. Menyaksikan Gerhana Bulan dari Awal hingga Akhir

Untuk menyaksikan fenomena langka ini, kamu sebaiknya datang lebih awal jika memiliki tempat khusus untuk menyaksikannya, agar kamu tidak melewatkan sedetik pun proses gerhana bulan.

Menurut laman resmi BMKG, gerhana total akan terjadi mulai pukul 19.51 WIB dan berakhir pada pukul 21.08 WIB dengan total waktu 1 jam 16,8 menit.

5 dari 5 halaman

4. Jangan Lupa Mengabadikan Momen Langka ini

Buat kamu yang sering update di media sosial, momen ini merupakan kesempatan emas untuk berbagi kepada temanmu di dunia maya.

Kamu bisa mengabadikan momen ini menggunakan gawai atau kamera D-SLR. Namun, jangan terlalu fokus mengabadikan momen lewat gawai, kamu juga harus menikmatinya dengan mata secara langsung.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.