Sukses

Siapa Operator Seluler dengan Internet Paling Cepat di Indonesia?

Smartfren diklaim menjadi operator dengan kecepatan internet paling ngebut. Berikut data lengkapnya sebagaimana diungkap nPerf.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan teknologi yang digunakan oleh operator seluler, kecepatan internet di Indonesia kini semakin baik.

Kehadiran jaringan 4G dan 4,5G yang banyak dinikmati di kota-kota besar hingga kabupaten pun membuat pengguna kian leluasa mengakses segala layanan di dunia maya. Browsing, media sosial, streaming musik dan video pun bisa lebih cepat.

Nah, di antara sekian banyak operator telekomunikasi yang menghadirkan layanan internet di Indonesia, operator mana yang internetnya paling ngebut?

Mengutip data yang dimuat laman aplikasi penyedia deteksi kecepatan internet nPerf, Smartfren diklaim menjadi operator dengan kecepatan internet paling ngebut.

Hal ini didasarkan pengujian sebanyak 319 ribu kali antara awal Januari hingga akhir Juni 2018 lewat aplikasi nPerf.

Menurut laporan nPerf, Smartfren dinyatakan unggul dalam kecepatan internet di beberapa kategori. Meski begitu, operator telekomunikasi lainnya juga ada yang unggul di berbagai kategori.

Misalnya saja, untuk kecepatan download di jaringan 2G/3G/4G, internet Smartfren dinyatakan paling ngebut dengan kecepatan rata-rata 13,94Mbps.

Selanjutnya disusul oleh Telkomsel dengan kecepatan rata-rata 6,27Mbps, Bolt dengan kecepatan rata-rata 5,85Mbps, XL dengan kecepatan rata-rata 5,41Mbps, Indosat Ooredoo 2,82Mbps, dan Tri dengan kecepatan rata-rata 2,75Mbps.

Pada kategori lainnya, yakni kecepatan upload untuk jaringan 2G/3G/4G, Telkomsel dinyatakan lebih unggul dengan kecepatan rata-rata 4,41Mbps.

Smartfren bertengger di bawahnya dengan kecepatan unggah 4,21Mbps, diikuti XL Axiata dengan kecepatan 3,95Mbps, Tri dengan kecepatan 2,83Mbps, Indosat Ooredoo dengan kecepatan internet 2,33Mbps, dan Bolt 1,08Mbps.

"Seperti pada 2017, Telkomsel menyediakan hasil terbaik untuk kecepatan upload pada paruh pertama 2018," demikian tulis nPerf.

Soal rata-rata latensi atau jeda waktu dalam pengantaran paket data ke penerima, lagi-lagi Smartfren paling cepat dengan waktu 68,98 mili second (ms) diikuti XL Axiata (85,53ms), Tri (92,64ms), Bolt (98,13ms), Telkomsel 101,51ms, dan Indosat Ooredoo (111,94ms).

Selanjutnya dilihat dari aspek waktu loading browsing untuk jaringan 2G/3G/4G, Telkomsel memiliki waktu loading paling singkat. Posisi selanjutnya ditempati oleh Smartfren, Tri, XL Axiata, Bolt, dan Indosat Ooredoo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecepatan Streaming dan Layanan 4G

Salah satu hal yang kini dilakukan pengguna saat membuka smartphone adalah streaming konten video maupun musik.

Berdasarkan pengujian di aplikasi nPerf, streaming di jaringan internet XL Axiata dan Bolt ternyata memiliki tingkat performa terbaik saat streaming video.

Performa terbaik selanjutnya adalah Tri, Telkomsel, Smartfren, dan Indosat Ooredoo.

Lain lagi dengan rata-rata koneksi 4G yang dites sebanyak 158 ribu pengujian. Hasilnya, baik Bolt dan Smartfren memiliki layanan 4G terbaik pada paruh pertama 2018.

Posisi selanjutnya sebagai operator dengan layanan 4G terbaik ditempati oleh XL Axiata, Tri, Telkomsel, dan Indosat Ooredoo.

Tentunya, hal ini tidaklah mengherankan. Sebab, jika dibandingkan operator telekomunikasi lainnya, Bolt dan Smartfren memang hanya menjalankan layanan 4G dan 4,5G.

Berbeda dengan operator seluler Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Tri yang sampai saat ini masih menyuguhkan layanan mulai dari 2G hingga 4,5G.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.