Sukses

5 Planet Paling Mengerikan di Alam Semesta

Berikut ini adalah 5 planet yang dapat dikatakan lebih mengerikan daripada planet-planet di Tata Surya kita.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu, kalau Tata Surya memiliki banyak planet yang punya keunikannya masing-masing?

Begitu pun dengan banyak planet lain yang berada di luar Tata Surya. Beberapa planet bahkan mungkin namanya tidak familier terdengar dan memiliki karakteristik alam yang berbeda-beda.

Nah, berikut ini adalah 5 planet yang dapat dikatakan lebih mengerikan daripada planet-planet yang ada di Tata Surya kita. Apa saja kelima planet tersebut? Yuk simak daftarnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. J1407B (Super-Saturnus)

Planet yang disebut sebagai J1407B ini dideskripsikan sebagai Saturnus Super.

Planet ini terletak 434 juta tahun cahaya dari Bumi. Planet ini memiliki massa 40 kali lebih besar dari milik planet Jupiter, dan memiliki 37 cincin yang mengitari planet ini yang diperkirakan berukuran lebih dari 120 juta kilometer. Ini berarti, cincin dari J1407B ini berukuran dua ribu kali lebih besar dari cincin planet Saturnus.

3 dari 6 halaman

2. HD 106906 b (Planet Raksasa yang Terasingkan)

Awalnya, para ilmuwan sudah memperkirakan planet sebesar dan sejauh HD 106906 b tidak akan pernah ada.

Namun, planet yang berukuran 11 kali lebih besar dari Jupiter ini ternyata ada dan berjarak 650 kali lebih jauh dari jarak Bumi ke Matahari.

4 dari 6 halaman

3. TrES-2b (Planet Tergelap)

Planet gas raksasa ini disebut sebagai planet tergelap yang pernah ditemukan. Planet ini padahal tidak mengorbit terlalu jauh dari bintangnya, tetapi justru terlihat sangat gelap dan tak memantulkan cahaya sama sekali.

5 dari 6 halaman

4. 55 Cancri e (Planet Berlian)

Planet ini terletak 40 juta tahun cahaya dari Bumi. Planet dibalut oleh berlian, bahkan berlian yang ada lebih banyak dari air dan granit.

Planet ini berukuran dua kali lebih besar ketimbang Bumi, dan memiliki massa delapan kali lebih banyak dari Bumi. Ini dikarenakan isi dari planet kebanyakan adalah berlian.

6 dari 6 halaman

5. GJ1214b (Planet Uap Air)

Kebanyakan isi dari planet ini adalah air. Planet ini pertama kali ditemukan pada tahun 2009. Planet ini berukuran kurang lebih sama seperti Bumi, tetapi memiliki atmosfer uap air yang tebal karena jaraknya dengan bintang yang diorbit. Ditambah lagi isi planet ini yang kebanyakan adalah air.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.