Sukses

3 Daerah Pemukiman dengan Suhu Terdingin di Dunia

Apakah ada pemukiman manusia yang dinginnya nyaris menyamai Antartika? Tentu ada

Liputan6.com, Jakarta - Di Bumi ini, ada beberapa daerah yang dianggap sangat dingin karena memiliki suhu paling rendah.

Tempat-tempat dingin ini sudah pasti bersalju. Secara teknis, Antartika adalah tempat dengan suhu terendah di Bumi.

Suhu di Antartika pernah tercatat mencapai −89.2 derajat Celcius. Namun, tak ada pemukiman manusia di Antartika.

Lantas, apakah ada pemukiman manusia dengan suhu dingin nyaris menyamai Antartika? Tentu ada. Berikut tempat-tempatnya sebagaimana dikutip Brilio, Jumat (20/7/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Oymyakon, Rusia

Oymyakon adalah sebuah perkampungan di daerah Yakutia, Rusia. Kampung ini adalah tempat terdingin di dunia yang ada penduduknya.

Kampung tersebut sangat dingin, sampai-sampai mobil-mobil yang ada di kampung ini harus terus dinyalakan untuk mencegah bahan bakar mobil-mobil tersebut membeku.

Suhu rata-rata pada bulan Desember, Januari dan Februari adalah di bawah −50 derajat Celcius. Pada musim dingin, 21 jam sehari akan sangat gelap.

Oymyakon adalah salah satu dari dua pemukiman penduduk yang memiliki suhu di bawah −60.0 derajat Celcius selama Januari. Bahkan musim panas di Oymyakon tetap dingin.

Keadaan terhangat di Oymyakon adalah ketika suhu mencapai 18.7 derajat Celcius, walaupun terkadang musim panas dapat mencapai suhu 30 derajat Celcius. 

3 dari 4 halaman

2. Verkhoyansk, Rusia

Verkhoyansk adalah sebuah kota di Rusia yang tak jauh dari Oymyakon. Kota ini memiliki suhu di bawah −60.0 derajat Celcous selama bulan Januari penuh. Suhu terendah yang pernah tercatat di Verkhoyansk adalah −67.6 derajat Celcius pada 5 dan 7 Februari 1892.

4 dari 4 halaman

3. Yakutsk, Rusia

Yakutsk adalah kota besar di dunia yang memiliki suhu terendah mencapai −64.4 derajat Celcous yang tercatat pada 5 Februari 1891.

Bulan terdingin di Yakutsk adalah pada Januari 1900 dengan suhu sekitar −51.2 derajat Celcius. Musim dingin sangat panjang di kota ini, sementara musim panas terasa hangat walaupun singkat. Antara 10 November sampai 14 Maret, Yakutsk selalu dingin.

Reporter: Fikri Alfathan

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.