Sukses

Instagram Uji Coba Fitur Remove Follower

Dengan fitur ini, pengguna bisa langsung menyingkirkan follower dari daftar tanpa harus memblokirnya.

Liputan6.com, San Francisco - Satu-satunya cara untuk menghilangkan follower kamu di Instagram adalah dengan melakukan block.

Ya, mungkin sebagian orang menganggap cara ini agak kasar dan terlalu agresif. Melihat hal tersebut, Instagram pun akhirnya mencoba fitur terbaru yang memungkinkan pengguna bisa mencabut follower dari daftar.

Cara terbaru yang dilakukan Instagram ini nantinya akan hadir dalam fitur bernama "Remove Follower".

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa langsung menyingkirkan follower dari daftar tanpa harus memblokirnya. Follower yang di-remove pun tak akan diberikan notifikasi kalau sebetulnya ia tak lagi mem-follow si pengguna yang me-remove.

DIlansir The Verge pada Kamis (19/7/2018), fitur ini sebetulnya sudah diuji sejak beberapa bulan lalu. Namun, Instagram belum mau mengungkap kapan fitur ini akan resmi digulirkan.

Belum bisa dipastikan alasan mengapa Instagram menghadirkan fitur ini. Bisa jadi, Instagram ingin menghadirkan fitur yang bisa membedakan di mana pengguna bisa memblokir atau hanya me-remove follower.

Karena jika me-remove, nantinya si follower masih tetap bisa melihat akun pengguna (terkecuali kalau akun pengguna private).

Fitur menyingirkan pengguna secara 'sopan' seperti Remove Follower sebetulnya juga sudah hadir lewat Mute. Berbeda dengan Remove Follower, dengan kehadiran fitur mute ini, pengguna tidak perlu meng-unfollow akun teman yang posting-nya dianggap mengganggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Unggahan Mengganggu di Instagram Bakal Bisa Di-Mute

Untuk diketahui, pemilik akun yang di-mute juga tidak akan mendapatkan notifikasi jika mereka telah di-mute. Sebelum Instagram, fitur semacam ini sudah lebih dulu hadir di Facebook.

Manfaat fitur ini, sebagaimana ditulis Business Insider Singapore adalah agar pengguna bisa membungkam unggahan atau Stories dari orang lain tanpa takut kehilangan followers mereka.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat jika ada teman yang selalu "nyampah" di feed dengan banyaknya unggahan yang di-posting dalam jangka waktu singkat.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menata feed-nya sesuai yang diinginkan. Misalnya mereka hanya ingin melihat gambar binatang lucu, mode fashion, atau artis-artis favorit.

Instagram telah menguji algoritma mute akhir-akhir ini. Singkatnya, fitur ini dirancang agar pengguna lebih bisa mengontrol apa yang ada di feed mereka.

3 dari 3 halaman

Cara Memakai Fitur Mute

Meski belum hadir untuk semua pengguna, cara untuk me-mute unggahan yang tidak dikehendaki bisa dilakukan dengan cara memilih simbol titik tiga di sudut kanan atas.

Begitu dibuka, akan ada sejumlah opsi yang bisa dilakukan terkait unggahan. Misalnya saja opsi Report, Unfollow, Mute, Bagikan ke Facebook, dan lain-lain.

Tentunya untuk membungkam posting-an tersebut kamu bisa memilih Mute.

Selanjutnya pengguna akan diberi opsi untuk membungkam hanya unggahan foto atau video atau sekaligus dengan membungkam Stories.

Instagram bakal segera menghadirkan fitur Mute unggahan atau Stories dari teman (Sumber: Business Insider Singapore)

Sebenarnya, Instagram telah menghadirkan fitur mute untuk Stories mengganggu. Namun opsi itu baru bisa dilakukan dengan cara masuk ke Profile pengguna yang ingin Stories-nya dibungkam.

Fitur Mute Stories di Instagram (Sumber: Business Insider Singapore)

Satu hal lagi, meskipun kamu sudah membungkam Unggahan atau Stories, kamu masih bisa melihat profil pengguna yang di-mute.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.