Sukses

Semua Model iPhone 2018 Bakal Dibekali Face ID?

Apple dikabarkan tengah meningkatkan jumlah pesanan atas teknologi Face ID ke sejumlah pemasok. Mungkinkah semua model iPhone yang dirilis 2018 akan hadir dengan Face ID?

Liputan6.com, Jakarta - Tahun lalu, iPhone X hadir dengan deretan pembaruan yang tidak ada di iPhone sebelumnya. Salah satunya adalah dukungan Face ID dan desain tanpa tombol Home.

Berdasarkan informasi dari penyedia komponen, iPhone yang dirilis tahun ini bakal kembali didukung Face ID. Selain itu, Apple juga akan meningkatkan portofolio untuk perangkat terbarunya.

Keputusan ini tentunya akan membuat persaingan antara iPhone dan Android makin ketat.

Sebagaimana dikutip dari Forbes, Rabu (18/7/2018), salah satu faktor utama yang membedakan iPhone dengan Android adalah implementasi pengenal wajah milik iPhone degan perangkat Android.

Contohnya, di OnePlus 6, pengenal wajah nya hanya sekadar Face Unlock. Sementara pada iOS digunakan sensor tambahan bersamaan dengan kamera depan, yakni kamera laser infrared yang menciptakan 3D depth map dari wajah.

Dengan 3D depth map ini, teknologi Face ID memungkinkan akurasi yang lebih tinggi dan menghindari adanya celah diakali oleh gambar wajah.

Dalam laporan Digitimes, para pemasok disebut-sebut harus memenuhi lebih banyak pesanan atas teknologi ini. Sekadar informasi, saat ini hanya satu tipe iPhone yang mengusung teknologi Face ID, yakni iPhone X.

Namun, dengan adanya peningkatan permintaan teknologi Face ID, kemungkinan Apple bakal mengaplikasikan teknologi Face ID pada ketiga perangkat iPhone yang dirilis 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

iPad Pakai Face ID

Selain iPhone, Apple dilaporkan tengah menyiapkan sejumlah iPad baru. Laporan ini kian diperkuat dengan informasi tentang dua tablet baru Apple.

Dilansir Apple Insider, informasi tentang dua iPad baru dilaporkan muncul di dalam data Eurasian Economic Commission (EEC).

Hal ini menunjukkan kedua tablet tengah bersiap untuk dijual di Rusia dan sejumlah pasar lain di wilayah tersebut.

Kedua tablet itu memiliki nomor model A1895 dan A1980. Menurut laporan, Apple belum menggunakan kedua nomor model tersebut untuk produknya, baik iPad atau iPhone.

Sayangnya, data tersebut tidak dilengkapi dengan nama yang akan digunakan tablet. Namun, data mengindikasikan produk tersebut sebagai perangkat iOS.

Sejauh ini, tablet tersebut diperkirakan akan menjadi iPad high-end atau iPad Pro dan memiliki fitur-fitur premium.

Salah satunya fitur pengenalan wajah Face ID dengan kamera TrueDepth dan layar 11 inci, tapi tidak mengusung tombol Home dan Touch ID.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.