Sukses

App Store Ganyang Play Store di Semester I 2018

Selama enam bulan terakhir, App Store mampu mendulang pemasukan dua kali lipat lebih besar ketimbang Google Play Store.

Liputan6.com, Jakarta - Toko aplikasi iOS, App Store, dilaporkan mengungguli toko aplikasi Android, Google Play Store pada paruh semester pertama tahun ini.

Selama enam bulan terakhir, App Store mampu mendulang pemasukan dua kali lipat lebih besar ketimbang Google Play Store.

Dilaporkan lembaga Sensor Tower via Tech Crunch, Selasa (17/7/2018), dalam segi pemasukan, App Store mengantongi pemasukan US$ 22,6 miliar (setara dengan Rp 382 triliun).

Jika dibandingkan dengan Google Play, toko aplikasi milik Google itu hanya mendapatkan pemasukan sebanyak US$ 11,8 miliar (setara dengan Rp 169 triliun).

Bisa disimpulkan, jumlah unduhan yang ada di App Store 1,9 kali lipat lebih banyak ketimbang Google Play Store.

Menurut Sensor Tower, tren seperti ini bukanlah hal baru. Pasalnya, toko aplikasi iOS tersebut mengantongi pemasukan yang sangat konsisten selama beberapa tahun terakhir.

Apalagi, pengguna iOS dilaporkan menghabiskan lebih banyak waktu dengan aplikasinya ketimbang Android.

Adapun ekosistem Android sebetulnya tak cuma berasal dari Google Play Store, ada beberapa toko aplikasi third party lain yang menyediakan aplikasi khusus untuk Android, seperti Amazon Appstore atau Samsung Store.

Di Tiongkok sendiri, Google Play Store bahkan tidak tersedia. Hanya App Store yang hadir untuk pengguna iOS Tiongkok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Besutan Tiongkok Kuasai App Store

Aplikasi besutan pengembang asal Tiongkok mengalami pertumbuhan yang pesat di App Store. Informasi tersebut tertuang dalam sebuah laporan App Annie yang dipublikasikan lewat Macquarie Research.

Seperti dilansir Business Insider pada Sabtu (3/3/2018), Tiongkok sendiri kini telah memimpin toko aplikasi iOS tersebut.

Jumlah aplikasi pengembang Tiongkok yang ada di App Store dua kali lebih banyak dari aplikasi besutan pengembang Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Untuk pendapatan sendiri, aplikasi besutan Tiongkok kini memiliki pendapatan sebanyak 39 persen dengan pemasukan US$ 33,5 miliar (Rp 461 triliun).

Sedangkan Amerika Serikat dan Jepang cuma memiliki persentase sebanyak 18 persen dan 16 persen, dengan masing-masing pendapatan sebesar US$ 15 miliar (Rp 206 triliun) dan US$ 14 miliar (Rp 192 triliun).

Laporan lebih lanjut menyebut, aplikasi Tiongkok ternyata didominasi oleh aplikasi berupa gim mobile. Adapun beberapa aplikasi lain yang dikembangan berupa aplikasi penunjang produktivitas, media sosial, serta aplikasi kesehatan.

3 dari 3 halaman

Apple Umumkan Aplikasi Terpopuler di App Store Sepanjang 2017

Terkait aplikasi, Apple sendiri baru saja mengumumkan daftar aplikasi paling populer di App Store sepanjang 2017.

Tak disangka-sangka, Snap--dahulu bernama Snapchat--menjadi salah satu aplikasi terpopuler versi Apple, mengalahkan Facebook dan Google.

Sebelumnya di tahun 2016 Snapchat menjadi aplikasi paling banyak diunduh di Apple.

Mengutip laporan Mashable, Senin (18/12/2017), tahun ini Snap menjadi nomor dua aplikasi paling banyak diunduh di platform iOS. Sementara, posisi pertama ditempati oleh aplikasi Bitmoji, yang juga dimiliki oleh Snap.

Aplikasi Bitmoji sendiri disebut-sebut mengalami pertumbuhan sangat tinggi dibandingkan tahun lalu. Bahkan, penggunanya mengintegrasikan aplikasi Bitmoji dengan akun Snap mereka.

Lantas, aplikasi apa saja yang paling banyak diunduh oleh pengguna iOS?

1. Bitmoji

2. Snapchat

3. YouTube

4. Messenger

5. Instagram

6. Facebook

7. Google Maps

8. Netflix

9. Spotify

10. Uber

11. Gmail

12. Pandora Music

13. Amazon

14. WhatsApp

15. Wish

16. Twitter

17. SoundCloud

18. Google Chrome

19. Waze

20. Lyft

Jika melihat daftar aplikasi di atas, sebagian besar tentu bukan lagi kejutan. Misalnya saja Facebook, Instagram, Facebook Messenger yang menempati posisi-posisi teratas.

Sementara, untuk pertama kalinya Uber berada di posisi 10 besar aplikasi paling banyak diunduh pengguna Apple. Di sisi lain, kompetitor Uber, yakni Lyft menempati posisi ke-20.

Adapun aplikasi gim paling banyak diunduh oleh pengguna iOS di antaranya adalah Super Mario Run dari Nintendo, Pool Simulation 8 Ball Pool, Snake vs Block, Ballz, dan Word Cookies.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.