Sukses

Facebook Rekrut Kepala Chip Google, Mau Buat Apa?

Mantan kepala chip Google Shariar Rabii akan menjabat sebagai Vice President dan Kepala Divisi Silicon Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Langkah Facebook untuk menggarap lebih banyak perangkat keras dilaporkan makin serius. Hal ini diketahui dari laporan terbaru Bloomberg yang menyebut raksasa media sosial itu baru saja merekrut kepala divisi chip Google, Shariar Rabii.

Dikutip dari The Verge, Senin (16/7/18), jabatan Rabii di Facebook adalah Vice President dan Kepala Divisi Silicon. Informasi ini secara tak langsung juga dikonfirmasi lewat akun LinkedIn Rabii yang telah diperbarui.

Sekadar informasi, kabar soal rencana Facebook mengembangkan chipset mandiri sebenarnya sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu. Hal ini diketahui dari lowongan kerja perusahaan yang dipasang pada April 2018.

Dalam lowongan itu disebut, Facebook sedang mencari SoC/ASIC engineer dan teknisi untuk pengembangan firmware dan driver. Sayangnya, tidak diungkap chipset tersebut akan dikembangkan untuk perangkat apa.

Namun, dari rumor yang berkembang sebelumnya, ada kemungkinkan chipset itu akan digunakan untuk perangkat yang dikembangkan bersama perusahaan lain, seperti HTC.

Pasalnya, Facebook beberapa tahun lalu dikabarkan bermitra dengan HTC untuk meluncurkan smartphone khusus bernama "Facebook Phone". Sayang, kabar tersebut memudar seiring berjalannya waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Chipset untuk Proyek Lain dari Facebook

Akan tetapi, ada kemungkinan chipset tersebut tidak digunakan untuk smartphone, melainkan perangkat keras lain. Seperti diketahui, Facebook dilaporkan memiliki sejumlah proyek perangkat keras.

Salah satunya adalah proyek speaker pintar yang sudah terdengar sejak tahun lalu. Perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg itu disebut-sebut akan merilis dua model saingan Amazon Echo.

Perangkat ini juga disebut akan berbeda dari speaker kebanyakan karena dibekali layar. Memiliki kode nama Aloha dan Fiona, kedua speaker akan hadir dengan layar sentuh berukuran 15 inci.

Layar sentuh ini hadir karena speaker tersebut bakal mendukung sejumlah layanan Facebook, termasuk media sosial dan video chat.

Laporan menyebut Aloha akan menjadi perangkat yang lebih mumpuni. Tak hanya dibekali kemampuan pengenalan suara, speaker ini juga memiliki kemampuan pengenalan wajah.

Facebook disebut juga telah menyematkan lensa wide-angle di bagian depan untuk mengenali pengguna.

Perangkat yang akan dijual dengan nama Facebook Portal ini juga dibekali konten musik, mengingat perusahaan itu telah menjalin kerja sama dengan Sony dan Universal Music.

3 dari 3 halaman

Kabar Speaker Pintar Facebook

Sekadar informasi, kabar mengenai speaker pintar Facebook sebenarnya sudah terdengar sejak pertengahan 2017.

Hingga menjelang peluncurannya yang disebut akan dilakukan tahun ini, tak ada perubahan informasi terkait spesifikasi dari speaker ini. 

Speaker ini diproduksi oleh salah satu pabrikan iPhone asal Tiongkok, Pegatron. Perangkat ini dilengkapi layar sentuh buatan LG, dan didesain oleh Building 8, sebuah laboratorium rahasia perangkat keras Facebook.

Selain speaker pintar, ada kemungkinan chipset ini akan digunakan untuk virtual reality (VR) headset besutan Facebook lain dalam naungan Oculus.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.