Sukses

Melihat Lini Produksi Huawei P20 di Tiongkok

Huawei memiliki lini produksi smartphone di Kota Dongguan, Provinsi Guangdong, Tiongkok.

Liputan6.com, Dongguan - Salah satu keunggulan Huawei dibandingkan sejumlah vendor smartphone lain, perusahaan memiliki pabrik sendiri.

Tekno Liputan6.com berkesempatan mengunjungi lini produksi smartphone Huawei, Songshan Lake Manufacture Center yang tepatnya berada di Songshan Lake Hi-Tech Industry Development Zone, Kota Dongguan, Provinsi Guangdong, Tiongkok.

Tekno Liputan6.com bersama sejumlah rekan media dan pegiat media sosial berkesempatan melihat pabrik Huawei dalam acara APAC Media China Trip 2018.

Sama seperti di pusat Research and Development (R&D/ riset dan pengembangan) Huawei, para pengunjung tidak diperkenankan mengambil gambar dan video.

Lini produksi smartphone Huawei di Dongguan City, Guangdong, Tiongkok (Foto: Huawei)

Untuk memasuki lini produksi ini, semua pengunjung diwajibkan untuk mengenakan baju, sepatu dan topi khusus yang disediakan oleh pihak Huawei. Selain itu, juga tidak boleh membawa benda dengan material logam ke dalam.

Lini produksi smartphone Huawei di Dongguan City, Guangdong, Tiongkok (Foto: Huawei)

Sebelum memasuki lini produksi, kami harus melewati sistem detektor terlebih dahulu. Jika tidak ada halangan, maka kami baru boleh memasuki lingkungan produksi. Peraturan yang sama juga berlaku untuk para pekerja Huawei di pabrik tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Produksi Mulai dari Bahan Mentah Hingga Pengiriman

Saat kami bertandang, pabrik Huawei sedang memproduksi seri P20. Namun menurut keterangan pemandu, pabrik ini bisa memproduksi berbagai varian produk, tidak hanya P20.

Lini produksi smartphone Huawei di Dongguan City, Guangdong, Tiongkok (Foto: Huawei)

Pabrik ini mampu memproduksi bahan mentah, pemrosesan produk setengah jadi, Final Assembly and Testing (FAT/ perakitan akhir dan pengujian), hingga melakukan pengemasan dan pengiriman.

Lini produksi dengan teknologi otomatis ini dapat memproduksi 2.800 unit ponsel setiap hari.

Lini produksi smartphone Huawei di Dongguan City, Guangdong, Tiongkok (Foto: Huawei)

Pemandu mengajak kami melihat sejumlah proses produksi, di antaranya pembuatan komponen kecil seperti motherboard hingga pengemasan ponsel dalam kardus.

Fasilitas produksi ini dilengkapi sistem Kanban tier tiga, sehingga proses produksi bisa dipantau secara real-time dan perangkat dapat dipastikan dikirim dalam kualitas tinggi.

Selain itu, sistem ini juga bisa memantau performa kualitas, output produk dan efisiensi produksi.

Lini produksi smartphone Huawei di Dongguan City, Guangdong, Tiongkok (Foto: Huawei)

Lini produksi Huawei selalu mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan teknologi. Saat ini, satu lini produksi hanya membutuhkan 20 orang, lebih sedikit dibandingkan dua tahun lalu yang bisa mencapai 50 orang.

Di luar dari pekerjaan yang membutuhkan campur tangan manusia, segala prosesnya dilakukan dengan sistem otomatis yang diklaim berteknologi tinggi. Ponsel yang sudah dikemas pun diambil oleh mesin berupa robot, sehingga lebih efisien.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.