Sukses

Cara Buat Email dan Daftar Akun Gmail Lewat HP Android

Salah satu platform email yang ada di internet adalah Gmail. Sebagai anak perusahaan Google, Gmail bisa dibuat oleh siapa pun dan bahkan Anda harus punya akun Gmail untuk bisa menggunakan ponsel berbasis Android.

Jakarta Salah satu platform email yang ada di internet adalah Gmail. Sebagai anak perusahaan Google, Gmail bisa dibuat oleh siapapun dan bahkan Anda harus punya akun Gmail untuk bisa menggunakan ponsel berbasis Android.

Saat Gmail pertama kali diperkenalkan, perkembangannya terbatas hanya dengan mengizinkan pengguna untuk mengundang teman-teman mereka untuk membuat akun Gmail. Hal ini terjadi agar Gmail dapat mempertahankan reputasinya yang elit serta membatasi pertumbuhan. Sistem undangan terbatas secara resmi berakhir pada 14 Februari 2007. Seketika Gmail menjadi salah satu layanan email terpopuler.

Tidak seperti kompetitornya, Gmail tidak memasang iklan pada pesan atau menambahkan sesuatu pada surat Anda. Iklan yang ada dihasilkan komputer, bukan sengaja ditempatkan oleh pihak Gmail. Bahkan tidak ada iklan apapun jika Anda membuka Gmail pada HP Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat menggunakan akun Gmail

Nah sebelum kita masuk ke cara buat email dan mendaftar ke akun Gmail, berikut beberapa manfaat menggunakan akun Gmail seperti dilansir dari Merdeka.com (9/7/2018).

1. Penyaringan Spam

Memang sebagian besar layanan email menawarkan semacam penyaringan sekarang ini, dan penyaringan spam miliki google sangat efektif. Gmail mencoba menyaring adanya upaya spam, virus, dan phising iklan, tapi tidak penyaringan yang 100 persen efektif.

2. Merger dengan Google Hangouts

Dekstop Gmail menampilkan kontak hangouts di sisi kiri layar, sehingga Anda dapat mengetahui siapa saja kontak email Anda yang menggunakan hangouts. Hangouts merupakan sebuah aplikasi messenger yang memiliki kelebihan yakni dapat melakukan video call dengan banyak orang.

3. Akses offline

Anda dapat mengakses gmail secara offline pada komputer Anda meskipun tidak terhubung dengan internet. Caranya adalah dengan memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browser Anda.

3 dari 4 halaman

Cara buat akun baru Gmail di komputer

Berikut cara buat akun Gmail di komputer Anda seperti dikutip Liputan.com dari berbagai sumber pada (9/7/2010).

  1. Masukkan alamat www.gmail.com pada web browser Anda.
  2. Klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.
  3. Isi data diri Anda dengan lengkap.Pada isian setelah nama, Anda bisa memilih nama untuk username.
  4. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang Anda pilih. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka.
  5. Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.
  6. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree.
  7. Anda telah memiliki akun Gmail sekarang.

 

4 dari 4 halaman

Cara buat akun Gmail baru Android atau HP dengan OS lainnya

Berikut cara buat akun Gmail melalui platform mobile seperti HP dan tablet.

  1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.
  2. Cari menu acoount atau akun.Pilih add acoount atau tambah akun.
  3. Cari ikon Google.Akan muncul pilihan 'sign in' dan 'create a new account', lalu pilih create a new account.
  4. Isi nama depan dan nama belakang, lalu klik next.Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik next.
  5. Pilih nama sebagai username Anda, lalu klik next.
  6. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang Anda pilih. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next.
  7. Selanjutnya adalah memilih password Anda. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah. Jika sudah, klik next.
  8. Akan muncul kotak Privacy and Terms, Klik pada tombol 'I Agree'.
  9. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next.
  10. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Anda bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next.
  11. Aplikasi akan memproses. Setelah itu Anda akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa Anda telah memiliki akun Gmail baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini