Sukses

Samsung Tunda Rilis Android Oreo untuk Galaxy J

Samsung dikabarkan menunda jadwal rilis pembaruan Android Oreo untuk lini Galaxy J.

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy J merupakan salah satu seri smartphone Samsung yang disebut akan mendapatkan pembaruan ke Android Oreo. Dari sejumlah sumber, pembaruan itu akan rilis pada pertengahan tahun ini.

Namun, dari informasi terbaru, jadwal rilis Android Oreo untuk Galaxy J akan mengalami penundaan. Informasi ini diketahui dari Guncelmiyiz, situs yang khusus melacak jadwal pembaruan untuk smartphone Samsung di Turki.

Berdasarkan informasi itu, seperti dikutip dari GSM Arena, Kamis (5/7/2018), tiga model yang akan mendapatkan pembaruan ke Android Oreo adalah Galaxy J3 (2017), Galayx J5 Pro, dan Galaxy J7 Pro.

Adapun ketiga model itu akan mendapat pembaruan pada akhir September 2018. Padahal, dari jadwal sebelumya Samsung disebut-sebut akan menghadirkan pembaruan pada Juli 2018.

Sayangnya, tak ada penjelasan mengenai alasan tertundanya pembaruan Android Oreo di seri Galaxy J. Situs tersebut hanya memberikan keterangan bahwa saat ini sistem operasi anyar tersebut masih dalam tahap uji coba.

Selain seri Galaxy J, model lain yang disebut akan mengalami penundaan pembaruan ke Android Oreo adalah Galaxy A8. Hal ini sedikit aneh mengingat model itu masuk dalam perangkat kelas menengah Samsung.

Sejumlah prediksi menyebut Samsung memilih untuk merilis pembaruan ke sejumlah produk lain yang memang seharusnya mendapat pembaruan lebih dulu, seperti seri Galaxy S dan Galaxy A tahun lalu.

Karenanya, Samsung dilaporkan baru memulai fokus pada pembaruan untuk Galaxy A8. Berdasarkan perhitungan, dibutuhkan setidaknya beberapa bulan pengembangan sebelum akhirnya smartphone itu dapat menikmati manisnya Android Oreo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Samsung Galaxy Note 8 Mulai Cicipi Android Oreo

Sebelumnya, Android Oreo akhirnya mulai dirilis untuk seri Samsung Galaxy Note 8. Seorang pengguna di Prancis dilaporkan telah mendapatkan pemberitahuan untuk OS tersebut dan bukan versi beta.

Peluncuran Android Oreo ini lebih awal daripada jadwal yang ditetapkan sebelumnya. Samsung beberapa waktu lalu menjadwalkan Galaxy Note 8 akan mendapatkan Android 8.0 Oreo mulai 30 Maret 2018.

Pembaruan OS tersebut juga dilengkapi patch keamanan untuk bulan ini, serta Samsung Experience 9.0.

Samsung Experience terbaru ini berguna untuk meningkatkan berbagai fitur pada smartphone tersebut, termasuk keyboard, pencarian, pengaturan dan kontak.

Selain Galaxy Note 8, Samsung menghadirkan pembaruan Android Oreo untuk model Galaxy A7 (2017). Pembaruan ini sudah mulai rilis secara bertahap sejak bulan lalu. 

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.