Sukses

AWS Hackdays Jakarta Dorong Inovasi Kecerdasan di ASEAN

AWS mengklaim acara hackathon ini memberi kesempatan bagi para pengembang di ASEAN untuk meningkatkan keahlian mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Amazon Web Services (AWS), anak usaha Amazon.com, berencana akan menggelar AWS Hackdays.

Ajang bergengsi ini bakal berlangsung di Jakarta pada 7 Juli 2018. Sementara di Singapura, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand sudah dihelat pada 27 Juni 2018.

AWS mengklaim acara hackathon ini memberi kesempatan bagi para pengembang di ASEAN untuk meningkatkan keahlian mereka dengan membangun solusi inovatif berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan mesin pembelajar (machine learning/ML).

“Selama hampir sepuluh tahun, kami turut mendukung keberhasilan para pengembang dan komunitas startup di kawasan ASEAN, dengan menyediakan akses ke AWS Cloud Services untuk membangun produk-produk baru yang inovatif, layanan, dan bisnis yang sukses," ujar Nick Walton, Managing Director untuk AWS ASEAN dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/7/2018).

Walton menuturkan Hackdays berkomitmen untuk memberikan peralatan dan teknologi kepada developer di startup hingga perusahaan besar untuk menciptakan solusi ke depan.

Sebagai contoh, Sunday Insurance (startup teknologi asuransi) menggunakan AWS untuk menjalankan perangkat lunak mesin pembelajar guna menyediakan asuransi yang disesuaikan dan secara real time bagi konsumen dan meningkatkan produktivitas manusia.

"Tahun ini, kami bersemangat untuk melihat bagaimana para peserta akan menggunakan layanan AI dan ML untuk mewujudkan ide mereka,” pungkasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

12 Jam Hackathon

Selama 12 jam hackathon, para peserta memiliki akses ke berbagai layanan AWS termasuk Amazon SageMaker untuk membangun, mencoba, dan menerapkan model ML: Amazon Polly untuk membangun aplikasi speech-enabled dan Amazon Lex untuk membuat chatbots.

Sebagai bagian dari kompetisi tahun ini, para peserta diundang untuk membentuk tim yang terdiri dari dua hingga empat orang, dan membuat solusi seputar topik-topik, seperti transportasi, media & hiburan, e-Commerce, dan fintech.

Peserta akan membuat solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh pelaku industri dengan menciptakan solusi AI dan ML yang praktis dan inovatif. AWS Solution Architects akan hadir untuk memandu para peserta saat mereka mengerjakan proyek.

Satu tim pemenang dari masing-masing negara akan berkompetisi dalam AWS Hackdays Grand Finale 2018 di Jakarta pada 19-20 September 2018.

Kemudian pemenang AWS Hackdays Grand Finale di Jakarta akan mengikuti AWS re:Invent 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.