Sukses

Yuk, Cek Hasil Pengumuman SBMPTN 2018 di Sini

Bagi kamu peserta SBMPTN 2018, cek daftar lengkap pengumuman resmi yang disediakan di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi diumumkan hari ini, Selasa (3/7/2018). Dikutip dari situs resmi SBMNPTN, Selasa, hasil seleksi dapat dilihat mulai pukul 17.00 WIB.

Bagi kamu yang ingin mengetahui hasil pengumuman, dapat mengaksesnya di situs resmi SBMPTN 2018 atau langsung ke laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Panitia juga menyediakan kanal pengumuman lain yang dapat diakses laman mirror dari 12 perguruan tinggi negeri (PTN).

Berikut ini daftar lengkap untuk akses pengumuman SBMPTN 2018 yang dapat diakses lewat laman mirror.

1. http://sbmptn.ui.ac.id

2. http://sbmptn.undip.ac.id

3. http://sbmptn.ugm.ac.id

4. http://sbmptn.unair.ac.id

5. http://sbmptn.unsri.ac.id

6. http://sbmptn.untan.ac.id 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Situs Lanjutan

7. http://sbmptn.itb.ac.id

8. http://sbmptn.its.ac.id

9. http://sbmptn.ipb.ac.id

10. http://sbmptn.unand.ac.id

11. http://sbmptn.unhas.ac.id

12. http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sendiri digelar pada Selasa, 8 Mei 2018. Ada 860.001 peserta yang akan mengikuti ujian tersebut.

Ketua Panitia Pusat SBMPTN, Ravik Karsidi menjelaskan, jumlah peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan peserta yang mendaftar tahun lalu. Kenaikan tersebut mencapai 15 persen.

3 dari 3 halaman

Minat Peserta SBMPTN 2018 Naik

Peningkatan ini terjadi salah satunya semakin tingginya minat lulusan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, sejumlah kesiapan telah dilakukan, baik oleh panitia pusat maupun lokal guna menyukseskan seleksi tersebut.

Sementara, untuk pelaksanaan SBMPTN akan dilakukan dengan dua kategori. Yakni kategori ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian tertulis berbasis cetak atau (UTBC).

Pemilihan kategori tersebut disesuaikan dengan kesiapan pelaksana ujian. Mengingat untuk ujian menggunakan komputer juga diperlukan fasilitas yang memadai.

"Untuk peserta yang mengikuti UTBC sebanyak 833.820 peserta, sedangkan yang mengikuti UTBK sebanyak 26.181 peserta," ujar Ravik saat ditemui JawaPos.com di ruang kerjanya, Senin (7/5/2018).

Pada kesempatan tersebut, Ravik menambahkan para peserta SBMPTN tersebut akan memperebutkan lebih kurang 135 ribu kursi di perguruan tinggi negeri (PTN) yang diinginkan.

"Untuk ujian tertulis akan dilaksanakan besok, tetapi untuk ujian keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 11 Mei mendatang. Ujian keterampilan ini dilakukan seperti POK ataupun seni," katanya.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.