Sukses

Xiaomi Tarik Pembaruan Android 8.1 di Mi A1, Ada Apa?

Adanya sejumlah bug membuat Xiaomi menarik kembali pembaruan Android 8.1 di Mi A1.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja merilis pembaruan Android 8.1 untuk para pengguna Mi A1. Namun tak berselang lama rilis, perusahaan dilaporkan menarik kembali pembaruan tesebut.

Dikutip dari Android Autorithy, Senin (2/7/2018), pembatalan itu dilakukan karena update ini masih menyimpan sejumlah bug. Karena itu, Xiaomi memilih untuk membatalkan perilisannya.

Bug pertama yang hadir dalam update Android Oreo ini adalah terhapusnya seluruh pesan yang ada di aplikasi SMS. Hal ini terjadi begitu pengguna menyingkirkan aplikasi SMS dari opsi recent apps.

Sementara bug lain menyebabkan kegagalan SafetyNet di perangkat. Masalah ini cukup fatal mengingat SafetyNet merupakan API yang dapat digunakan pengembang untuk mengecek apakah perangkat rusak atau terinfeksi malware.

Belum dapat dipastikan kapan Xiaomi akan kembali merilis pembaruan ini. Harapannya, tak butuh waktu lama bagi pengguna Mi A1 dapat mencicipi pembaruan ini mengingat daftar fitur anyar yang tersedia.

Sekadar informasi, pembaruan ini membawa sejumlah fitur baru, seperti ikon baterai untuk perangkat bluetooth, tampilan panel Quick Settings yang dapat diatur, tema Setting yang disesuaikan dengan wallpaper, hingga peningkatan kualitas suara.

Bersamaan dengan pembaruan ini, Xiaomi juga menyertakan patch keamanan Juni 2018. Bagi kamu yang tertarik, pembaruan ini memiliki ukuran 1,2GB dan rilis melalui sistem over the air (OTA).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Xiaomi Mi A1 Mulai Kebagian Update Android Oreo

Sekadar informasii, pembaruan Android Oreo pertama kali meluncur ke Mi A1 pada awal tahun ini. Hal ini diumumkan Xiaomi Indonesia lewat akun Twitternya @xiaomiindonesia pada 31 Desember 2017.

Pembaruan Android Oreo ini membawa sejumlah perubahan. Salah satunya adalah peningkatan performa yang lebih halus. Kecepatan transisi antarmuka berjalan lancar tanpa adanya gangguan lagging.

Perombakan lain yang juga mencolok terletak pada menu Settings. Menu Settings pada Android Oreo kini telah 'dirampingkan' dengan tampilan yang lebih sederhana dan tidak membingungkan para penggunanya.

Panel Quick Toggle kini tak lagi berwarna hitam gelap, melainkan putih terang dan kian rapih. Panel notifikasi, dalam Oreo, semua notifikasi yang muncul telah diurutkan sesuai dengan aplikasi tersebut itu sendiri.

Pengguna bahkan bisa menunda notifikasi yang muncul (sesuai dengan waktu yang diinginkan) dan 'menyembunyikan' notifikasi tersebut dengan menggesernya ke kiri.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.