USB Bakal Bisa Dipakai untuk Login Twitter

Oleh Jeko I. R. pada 29 Jun 2018, 13:30 WIB
Diperbarui 01 Jul 2018, 13:13 WIB
Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Twitter baru saja mengumumkan fitur baru di mana pengguna bakal bisa login ke dalam akun hanya dengan menggunakan USB.

Fitur ini diklaim sebagai ekspansi dukungan metode verifikasi terbaru dari media sosial microblogging tersebut.

Fitur ini sebetulnya bukan terbilang baru, mengingat Twitter sudah lebih dulu menjajal fitur login dengan aplikasi third party seperti Google Authenticator dan Duo Mobile.

Facebook, Google, dan Dropbox juga sudah lebih dulu mengimplementasikan fitur ini.

Cara kerja login via USB ini terbilang mudah, seperti dilansir Engadget pada Jumat (29/6/2018), saat login ke dalam akun Twitter, pengguna hanya perlu memasukkan password via token bernama Yubikey dan tidak perlu lagi mengandalkan verifikasi via SMS di dalam smartphone.

Untuk diketahui, Yubikey merupakan token yang keamanannya sudah dijamin. Bahkan, token ini sudah memenuhi standar dari FIDO Alliance.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui tata cara penggunaan fitur ini, kamu bisa beranjak ke laman dukungan Twitter untuk mencari petunjuknya.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Twitter Tutup Usia di Windows Phone 8.1

Twitter
Logo Twitter (about.twitter.com)

Sebelumnya, Twitter merealisasikan rencananya menghentikan dukungan untuk OS Windows Phone 8.1. Aplikasi Twitter untuk perangkat Windows Phone 8.1 saat ini sudah tidak bisa digunakan.

Dilansir Phone Arena, para pengguna handset Windows Phone 8.1 kini tidak lagi mengakses Twitter dari aplikasi mobile.

Hal tersebut sebetulnya tidak begitu mengejutkan, karena Twitter sebelumnya sudah mengumumkan rencana menarik dukungan dari Windows Phone 8.1 pada bulan ini.

Kendati demikian, para pengguna Windows Phone 8.1 masih bisa menggunakan Twitter. Mereka bisa menggunakan aplikasi Twitter pihak ketiga yang ada di Microsoft Store. Beberapa aplikasi tersebut gratis, tapi ada juga yang berbayar.

Jika tidak puas dengan aplikasi pihak ketiga, maka pengguna tidak bisa mengakses Twitter dari perangkat Windows Phone 8.1.

Cara satu-satunya adalah dengan beralih ke platform lain, seperti iOS dan Android, yang saat ini kompatibel dengan banyak aplikasi populer, termasuk Twitter.

Seiring dengan perkembangan perangkat mobile, semakin banyak aplikasi hadir untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih menyenangkan.

iOS dan Android sendiri merupakan sistem operasi (OS) populer di kalangan developer aplikasi mobile, sehingga kedua layanan tersebut memiliki banyak aplikasi terkenal.

3 dari 3 halaman

Tagar Recehkan Twitter Bikin Warganet Terpingkal-pingkal

Twitter
Ilustrasi akun Twitter. (Foto: CNET)

Twitter merupakan salah satu media sosial populer di dunia, termasuk di Indonesia. 

Linimasa Twitter Indonesia mendadak dipenuhi oleh tagar Recehkan Twitter (#recehkantwitter) beberapa hari lalu. Tagar ini dinilai membuktikan masih banyak warganet yang menggunakan Twitter, meskipun ada beragam media sosial lainnya.

Recehkan Twitter berisi berbagai cuitan kocak yang diunggah warganet. Saking kocaknya, tidak sedikit pengguna Twitter yang mengaku terhibur dengan tagar ini.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait