Sukses

Apple: Bypass iPhone Mustahil Dilakukan

Apple memastikan cara membobol iPhone yang diklaim telah ditemukan oleh sejumlah peneliti tidaklah bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, sejumlah peneliti diduga telah berhasil mem-bypass kode keamanan iPhone dengan cara mengirimkan kombinasi kode.

Dengan melakukan proses bypass kode tersebut, hacker berhasil membobol keamanan iPhone.

Peneliti keamanan Matthew Hickey pun mendemonstrasikan metode bypass, termasuk mengunggah video ke internet.

Hasilnya, Hickey bisa menggunakan metode ini untuk menghindari perangkat di-wipe lantaran adanya percobaan memasukkan password berkali-kali.

Bahkan, iPhone pun bisa terbuka dengan menggunakan metode ini.

Kendati begitu, Apple memastikan bahwa metode itu tidak mungkin berhasil, apalagi untuk membobol iPhone.

"Laporan terbaru mengenai bypass passcode di iPhone tidaklah benar, hasilnya adalah ada pengujian yang tidak benar," kata juru bicara Apple sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Softpedia, Minggu (1/7/2018).

Fokus Pada Keamanan

Hickey sebelumnya juga mengunggah sebuah cuitan untuk menjelaskan sial pengiriman string tunggal termasuk dalam kombinasi passcode, di mana iOS tidak memprosesnya meskipun layar iPhone menunjukkan yang sebaliknya.

Apple pun kian memberi perhatian terhadap keamanan iOS dan iOS 12. Hal ini dilakukan untuk memblokir eksploitasi yang memungkinkan adanya akses tidak sah ke data yang disimpan.

Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan membatasi akses USB ke iPhone ketika perangkat tidak dikunci selama lebih dari satu jam. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Blokir Upaya Peretasan

Metode ini dipercaya untuk memblokir upaya peretas untuk mengeksploitasi perangkat yang berperan untuk membobol iPhone guna mengambil informasi dan data pengguna.

Perangkat digunakan oleh penegak hukum serta pemerintah dan berbagai pihak yang mengklaim bisa membobol keamanan iPhone.

Mereka mengklaim telah menemukan cara untuk membobol keamanan iPhone meskipun tanpa bantuan perusahaan.

3 dari 3 halaman

Peneliti Klaim Temukan Cara Bobol iPhone

Pengguna iPhone selalu dilindungi oleh standar keamanan Apple yang tinggi. Baru-baru ini, seorang peneliti menemukan cara membobol salah satu fitur keamanan Apple yang terdepan, yaitu dengan menjebol password.

Cara menembus password di iPhone ini diketahui pertama kali oleh peneliti dari Hacker House, sebuah firma solusi keamanan digital.

Cukup dengan memakai lightning cable (kabel data) iPhone, maka hacker dapat mengakali batas jumlah pin atau angka password yang dimasukkan ke iPhone menjadi tanpa batas, demikian lansiran ZDNet, Senin (25/6/2018).

Matthew Hickey, co-founder Hacker House, menyebut hacker dapat menginfiltrasi perlindungan iPhone lewat kabel yang disambungkan ke iPhone dan iPad.

"Ketimbang mengirim passcode satu per satu, cara ini bisa langsung mengirim seluruhnya dengan sekali jalan," jelasnya.

Hickey menyebut, dengan cara tersebut maka fitur perlindungan iPhone tidak akan berfungsi, sebab terlalu banyak input angka yang dikirim.

Sekadar informasi, apabila password iPhone sudah salah diinput selama 10 kali, maka seluruh data akan terhapus dan smartphone akan tersegel. Bila ini terjadi, pengguna maka harus melakukan factory reset.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.