Sukses

5 Derita yang Gamer Hadapi Saat Main Gim di Smartphone

Ada beberapa hal yang kerap dirasakan para pemain gim mobile saat bermain menggunakan smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan smartphone melahirkan berbagai aplikasi mobile, termasuk gim. Saat ini ada banyak gim mobile di toko aplikasi, beberapa di antaranya berhasil memikat hati banyak pengguna smartphone.

Menjadi seorang gamer sejati tentu harus punya modal. Setidaknya, kamu harus punya perlengkapan gaming mulai dari laptop, PC, keyboard hingga peralatan lainnya. Namun, ada juga gamer yang hanya suka bermain gim mobile pada smartphone.

Bermain gim mobile tentu memiliki sensasi berbeda dibandingkan menggunakan laptop atau PC gaming.

Meski banyak orang yang suka bermain gim dengan smartphone karena bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja, tapi ada beberapa hal yang tidak menyenangkan.

Berikut lima derita yang kerap dialami saat bermain gim menggunakan smartphone:

1. Sering Lag

Ini derita umum yang dirasakan gamer online modal smartphone. RAM di atas 2GB pun tidak bisa serta merta bebas dari lag ketika sedang asyik bermain gim.

Hal ini karena RAM smartphone tidak hanya untuk bermain gim, tapi juga beragam aktivitas lain.

Kapasitas RAM bukan satu-satunya yang dapat mengurangi terjadinya lag, tapi juga prosesor dan berbagai fitur lainnya.

Salah satu cara mengatasi hal ini, tidak ada salahnya menyiapkan biaya lebih untuk membeli smartphone yang memang salah satu keunggulannya untuk bermain gim.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Sumsel, Bali dan Sulsel di sini dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Baterai Cepat Habis

Sebagai gamer, tentu bermain gim tidak cukup beberapa menit saja. Ada beberapa orang yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam, apalagi jika gim tersebut sejenis Open World atau MOBA.

Jika bermain gim dalam waktu yang lama, tentu aktivitas tersebut akan memengaruhi daya tahan baterai. Pasalnya, baterai akan cepat habis karena jaringan internet terus-menerus dalam keadaan menyala.

Hal ini tentu mengganggu keseruan permainan. Selain itu, apabila memainkan gim sambil mengisi daya baterai, maka smartphone bisa cepat panas.

3. Tangan Pegal

Memainkan gim di smartphone dalam waktu lama, tentu bisa membuat tangan terasa pegal. Hal ini disebabkan kedua tangan harus menggenggam dua sisi smartphone, sedangkan kedua ibu jari harus terus bergerak di atas layar.

Bukan hanya tangan, bahu dan panggung pun juga bisa ikutan pegal. Apalagi, jika kamu bermain gim dalam kondisi tiduran, pasti leher juga akan terkena imbasnya.

3 dari 3 halaman

4. Sering Update

Pernah tidak merasakan gim smartphone kamu selalu melakukan update? Sama seperti aplikasi lain, gim kerap memberikan pembaruan untuk membuat kualitas dan pengalaman pengguna semakin baik.

Jika gim sering meminta update, bagi sejumlah orang hal ini cukup mengganggu. Terlebih lagi ketika membuka gim, terdapat perintah untuk memperbarui aplikasinya padahal baru sepekan lalu melakukan hal yang sama.

Semakin besar file update yang diunduh, maka kian besar pula kuota internet yang dibutuhkan.

5. Smartphone Bisa Cepat Rusak

Kemungkinan besar, smartphone milik gamer diisi dengan banyak gim. Sayangnya, ada beberapa gamer yang nekat memasang dan memainkan gim berat pada smartphone dengan spesifikasi tidak sesuai.

Banyaknya gim dengan ukuran file besar, dapat memengaruhi performa smartphone. Apalagi gim online memerlukan update dan ukurannya besar, maka smartphone kemungkinan bisa hang saat memainkannya.

Lima derita ini memang tidak selalu dialami oleh semua gamer online. Namun, jika ingin merasakan kualitas bermain yang lebih baik dan memiliki biaya lebih, tidak ada salahnya membeli smartphone dengan spesifikasi tinggi.

Jika tidak, maka sebaiknya kamu mengontrol waktu bermain gim. Jangan terlalu lama dan memainkan gim berat, karena masih banyak banyak gim smartphone yang ringan dan tetap asyik.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.