Sukses

Nama Obama Dipakai untuk Spesies Makhluk Laut Kuno

Makhluk kuno yang berasal dari 550 juta tahun lalu dinamakan seperti Barack Obama.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama diberikan sebuah penghormatan oleh ahli paleontologi.

Dilansir CNET, Sabtu (23/6/2018), sebuah makhluk kuno yang hidup di dasar lautan sekitar 550 juta tahun lalu diberi nama latin Obamus coronatus.

Fosil makhluk tersebut ditemukan di Australia Selatan, dan dilakukan oleh tim peneliti Universitas California-Rivernia dan Museum Australia Selatan.

Profesor paleontologi Mary Droser yang memimpin penelitian menyebutkan bentuk makhluk tersebut yang rata dan melingkar mirip dengan telinga Obama.

'Coronatus' sendiri berarti dimahkotai, di mana nama itu mengarah pada bentuk makhluk tersebut yang terlihat seperti cakram sehingga menyerupai mahkota.

Nama presiden AS terdahulu juga pernah dipakai sebagai nama latin spesies, tetapi nama Obama paling banyak dipakai.

Terhitung, sudah ada 13 spesies yang diberi nama Obama sebagai nama latin. Beberapa di antaranya adalah Obamadon gracilis (kadal), Lasioglossum obamai (lebah), dan Caloplaca obamae (lumut).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makhluk Lain yang Memakai Nama Presiden

Tidak hanya Obama, Para ilmuwan telah dikenal memberi nama penemuan mereka dengan nama orang-orang terkenal, termasuk presiden, baik sebagai ekspresi kekaguman mereka atau untuk menarik minat publik.

Dikutip dari Live Science, berikut daftar pilihan dari 5 Presiden Amerika Serikat yang namanya diabadikan dalam sistem taksonomi.

1. Tawon Washington

Tawon Washington memiliki nama ilmiah Heterospilus washingtoni yang diambil dari nama salah satu Bapak Pendiri AS, George Washington.

Serangga asal Costa Rica itu termasuk dalam genus Heterospilus yang memiliki 280 spesies.

2. Ngengat Donald Trump

Pada 2017, sebuah spesies ngengat dari Meksiko diberi nama sesuai Presiden AS Donald Trump, yaitu Neopalpa donaldtrumpi.

3. Ikan Jimmy Carter

Dikenal dengan nama ikan bluegrass, Etheostoma jimmycarter tinggal di basin drainase Green River di Kentucky dan Tennessee. Nama ikan berukuran kecil itu diambil dari Presiden ke-39 AS, Jimmy Carter.

Pria yang saat ini berusia 92 tahun itu pernah melakukan perluasan Sistem Taman Nasional yang mencakup perlindungan 42,2 juta hektar tanah Alaska.

3 dari 3 halaman

Selanjtunya

4. Moluska Jefferson

Moluska dengan nama latin Chesapecten jeffersonius merupakan fosil pelopor. C. jeffersonius menjadi fosil Amerika Utara pertama yang diterjemahkan ke dalam literatur ilmiah oleh naturalis Inggris Martin Lister.

Moluska tersebut diberi nama dari salah satu Bapak Pendiri AS, Thomas Jefferson. Karena sebarannya berada di Virginia atau dijuluki sebagai 'Mother of Presidents', C. jeffersonius dinobatkan sebagai fosil resmi negara.

5. Serangga Reagan

Sebuah spesies serangga bernama Heterospilus reagani yang berhabitat asli di Costa Rica, termasuk ke dalam salah satu dari 280 spesies dalam genus Heterospilus.

Nama itu diambil dari Presiden ke-40 AS, Ronald Reagan, yang pernah mengunjungi negara Amerika Tengah atas undangan rekannya, Luis Alberto Monge, pada 1982.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.