Sukses

Ultah ke-57, Presiden Jokowi Dipuji Warganet Kerja Pakai Hati

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo atau karib disapa Jokowi, merayakan hari ulang tahun yang ke-57 pada hari ini, Kamis (21/6/2018).

Ulang tahun orang nomor satu di Indonesia itu pun disemarakkan di ranah maya. Hingga artikel ini tayang, momen ulang tahun Jokowi menjadi trending topic Twitter Indonesia dalam tagar #HBDJokowiKerjaPakaiHati.

Warganet kebanyakan mengucapkan selamat ulang tahun dan memuji kinerja Jokowi yang tulus dan memakai hati selama dirinya menjadi presiden.

Untuk lebih lengkap, kamu bisa intip kumpulan twit ucapan #HBDJokowiKerjaPakaiHati dari warganet Twitter berikut ini.

Seperti dikutip dari laman jokowicenter.com, sejak lahir pada 21 Juni 1961 di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Jokowi tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah kontrakan yang berlokasi di bantaran sebuah sungai di Solo. Hidup mereka sangat sederhana.

Ayah Jokowi yang sehari-hari menghidupi keluarga dengan berjualan kayu, terpaksa membawa istri dan anak-anaknya hidup berpindah dari satu rumah sewa menuju rumah sewa lainnya.

Bahkan dengan kondisi tersebut, keluarga Jokowi harus rela digusur Pemerintah Kota Solo dari tempat tinggalnya di bantaran Kali Pepe, dan tinggal menumpang di kediaman seorang kerabat daerah Gondang.

Namun, pengalaman masa kecil tersebut tidak dirasakan mantan Wali Kota Surakarta itu sebagai sebuah penderitaan.

Jokowi yang sewaktu kecil dipanggil Mulyono itu berkata bahwa waktu-waktu sulit tersebut merupakan cara Tuhan yang sangat tepat untuk membangun karakter dirinya di masa depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Kerja di BUMN Aceh

Selepas berkuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Jokowi muda sempat mencicipi pengalaman kerja pada sebuah perusahaan BUMN di Aceh.

Lokasinya yang berada di tengah hutan, kondisi kerja yang keras, dan rencana untuk mempunyai buah hati menuntun Jokowi dan istri untuk kembali ke Kota Solo pada 1988.

Ia kemudian bekerja sementara waktu pada pabrik milik pamannya, hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti. Jokowi muda pun memulai usaha mebelnya sendiri. Usaha yang mulanya berjalan dengan kondisi sederhana lambat laun berkembang.

Dari ruang lingkup regional, usaha ayah tiga anak--Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep--ini tumbuh melingkupi pasar nasional, hingga kemudian merambah pasar mancanegara.

3 dari 3 halaman

Punya 1 Cucu

Di usianya yang ke-57, mantan Gubernur DKI Jakarta ini telah dikaruniai seorang cucu laki-laki bernama Jan Ethes Srinarendra, buah pernikahan dari anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda Putri.

Dia juga telah menikahkan anak perempuannya Kahiyang Ayu dengan pria keturunan Mandailing, Sumatera Utara, bernama Bobby Nasution

Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi!

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.