Sukses

Lucu, Trotoar Ini Dibuat Khusus untuk Pecandu Ponsel

Pengguna smartphone sering menunduk dan tidak memperhatikan jalan ketika bermain gadget. Karena itu trotoar ini dibuat.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan teknologi, semakin banyak orang kecanduan bermain ponsel. Bahkan, mereka menunduk untuk bermain ponsel ketika sedang berjalan sekalipun.

Pengguna ponsel tentu jadi tidak memperhatikan jalan dan cenderung fokus ke layar perangkat. Bahayanya, aktivitas ini bisa membahayakan nyawa pengguna.

Dilansir dari Oddity Central via Dream.co.id Rabu (20/6/2018), otoritas di Xian, Tiongkok, meresmikan jalur trotoar khusus yang dirancang untuk “phubbers”—istilah bagi orang-orang yang berjalan sambil menatap ponsel dan mengabaikan segalanya di sekitar.

Trotoar ini dicat dengan warna merah, hijau, dan biru dan menampilkan ilustrasi ponsel.

Jalur khusus ini ada di Jalan Yanta Roan, Xian. Jalan untuk pengguna ponsel ini sepanjang 100 meter dengan lebar 80 cm.

Jalur khusus tersebut bertujuan untuk melindungi pengguna ponsel dari kendaraan bermotor, terutama mobil.

Sebab, mobil-mobil di sana sering diparkir di trotoar dan tidak memberikan ruang bagi pejalan kaki.

Gagasan ini diapresiasi oleh media lokal dan masyarakat setempat. Jalan khusus di trotoar tersebut bisa melindungi pengguna ponsel dari kendaraan bermotor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Tak Bisa Melindungi?

“Orang muda kini hidup dengan serba cepat dan mereka selalu mencari ponselnya. Bagi mereka yang sedang berjalan di sini, itu adalah bentuk perlindungan,” kata salah satu masyarakat ketika diminta pendapat soal trotoar tersebut.

“Orang-orang yang berjalan di sana berpikir jalan di pinggir jalan itu aman. Tapi, mobil dan kendaraan lain juga jalan di sana dan sering menghindari tabrakan denganmu,” sebut masyrakat lain.

Namun, ada juga yang menyebut jalan khusus ini tetap tak bisa melindungi pengguna ponsel sepenuhnya.

“Mereka yang menggunakan ponsel tentu tidak memperhatikan markah di trotoar. Mereka tidak memperhatikannya," kata pihak yang skeptis dengan trotoar tersebut.

Reporter: Arie Dwi Budiawati

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.