Sukses

Instagram Batal Rilis Fitur Notifikasi Screenshot di Stories

Instagram dilaporkan memilih untuk tak merilis fitur notifikasi screenshot dari Stories orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun ini, Instagram diketahui sedang menguji coba fitur baru yang disebut akan rilis. Fitur anyar ini disebut akan memberi notifikasi bagi pengguna saat Stories miliknya di-screenshot orang lain.

Namun, berdasarkan laporan terbaru dari BuzzFeed, Instagram mengubah rencana tersebut.

Seperti dikutip dari The Verge, Senin (18/6/2018), media sosial milik Facebook itu memilih untuk membatalkan kehadiran fitur tersebut.

Sayangnya, belum ada informasi resmi alasan Instagram memilih untuk tidak merilis fitur tersebut. Ada kemungkinan media sosial itu mendapatkan umpan balik (feedback) dari pengguna yang menolak kehadiran fitur tersebut sehingga mempengaruhi keputusan perusahaan.

Sama seperti fitur lain, fitur notifikasi semacam ini sebenarnya sudah hadir di Snapchat. Jadi, pengguna Snapchat akan mendapatkan notifikasi saat Snap-nya di-screenshot oleh orang lain.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, fitur di Instagram ini memiliki fungsi tersebut. Dengan demikian, pengguna tak lagi dapat melakukan screenshot diam-diam pada Instagram Stories orang lain.

Menariknya, fitur ini baru akan bekerja setelah pengguna melakukan satu kali screenshot. Ambil contoh, saat mencoba screenshot Stories seseorang, si pengguna akan mendapatkan peringatan.

Peringatan ini berisi, screenshot yang dilakukan berikutnya akan dinotifikasi si pemilik Instagram Stories. "Jika kamu mencoba untuk melakukan screenshot Stories berikutnya, pengguna yang di-screenshot akan diberikan notifikasi," tulis notifikasi yang ditampilkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Instagram Kini Bisa Share Ulang Stories Teman

Instagram sendiri terus merilis fitur baru untuk Stories. Kali ini, fitur barunya adalah @mention sharing, yang cara kerjanya mirip seperti retweet pada Twitter.

Dikutip dari keterangan resmi Instagram, Sabtu (8/6/2018), cara kerja fitur baru ini cukup sederhana.

Ketika seseorang mention (menyebutkan) kamu di Stories, maka orang tersebut akan menerima notifikasi di Direct Message seperti biasanya. Namun, kali ini ada yang berbeda dengan tambahan opsi baru.

Ketika kamu melihat foto atau video tersebut di Direct Message, ada opsi baru dengan keterangan "Add This to Your Story", agar kamu juga bisa mengunggahnya secara langsung di Stories pribadi.

Setelah di-tap, sistem Instagram akan mengunggah foto atau video tersebut di akun kamu.

Sebelum diunggah, kamu bisa mengubah ukuran dan posisinya, serta menambahkan tool kreatif seperti teks atau stiker. Sayangnya, fitur ini tidak bisa digunakan oleh pengguna dengan akun private.

3 dari 3 halaman

Instagram Bakal Rilis Fitur Video Baru pada 20 Juni 2018

Di luar dari fitur @mention sharing,  Instagram dilaporkan sedang bersiap mengumumkan fitur video baru dengan durasi lebih panjang, yang akan menjadi kompetitor YouTube dan Snapchat Discover.

Berdasarkan laporan baru, pengumuman fitur ini dijadwalkan pada 20 Juni 2018.

Dikutip dari Tech Crunch, Jumat (8/6/2018), sejumlah sumber mengatakan Instagram akan menghadirkan ruang khusus untuk menampilkan berbagai acara dan video musik, yang sebagian besar dalam bentuk vertikal, full-screen dan resolusi 4K.

Pihak Instagram telah bertemu dengan sejumlah bintang populer media sosial dan penerbit konten, untuk menemukan cara agar kanal video mereka bekerja dengan baik di aplikasi tersebut. 

Konten video Instagram ini tidak seperti acara dari Netflix Originals atau dengan kualitas HBO. Namun, fitur baru ini akan lebih fokus seperti video-video seperti yang dibuat oleh kreator YouTube.2 dari 3 halaman

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.