Sukses

Menilik Sejarah Notch, Ternyata iPhone X Bukan yang Pertama

Ternyata sebelum iPhone X, sudah ada smartphone lain yang mengusung desain notch di layar.

Liputan6.com, Jakarta - Notch alias poni di smartphone kini sedang jadi tren. Setelah iPhone X, banyak sekali vendor smartphone yang menghadirkan tampilan notch di layar.

Sebut saja vendor terkemuka Oppo, Vivo, LG, Xiaomi, sampai Asus. Semuanya punya smartphone dengan notch.

Alih-alih digandrungi, rupanya banyak konsumen yang mencibir kehadiran notch. Tiap dirilis smartphone yang punya notch, banyak yang menyebutnya menjiplak iPhone X.

Namun jika dirunut sejarahnya, iPhone X bukanlah yang pertama kali memperkenalkan notch.

Sebagaimana dikutip Phone Arena, Senin (18/6/2018), notch pernah hadir pada smartphone bezeless besutan bapak Android, yakni Essential Phone yang melenggang pada 2017.

Waktu itu notch merupakan tempat untuk menaruh kamera depan pada smartphone yang minim tepian itu. Kendati begitu, bukan Essential yang pertama kali menyajikan notch di layar smartphone.

Rupanya, Sharp dengan Aquos S2-nya lah yang pertama kali mengaplikasikan notch di layar smartphone. Tujuannya untuk tempat kamera depan.

Kemudian, smartphone lainnya yang dirilis Sharp dengan desain bezeless tanpa notch adalah Sharp Aquos Crystal di tahun 2014.

Kala itu, Sharp Aquos Crystal sudah mengusung desain nyaris tanpa tepian. Meski begitu, bagian bawahnya masih terdapat ruang yang cukup lebar untuk kamera selfie dan earpiece. Xiaomi kemudian mengikuti dengan Mi MIX dan penerusnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

iPhone X dan Vendor Smartphone Lain

Barulah kemudian Apple merilis iPhone X di tahun 2017. Saat itu cukup banyak yang menyebut Apple mengikuti langkah Essential dan Sharp. Bedanya, iPhone X tidak memiliki bezel bawah. Selain itu, notch-nya pun berbeda bentuk.

Pada iPhone X, notch-nya cukup lebar dan tidak hanya menjadi tempat untuk kamera depan. Notch iPhone X, seperti diketahui, juga menjadi tempat untuk berbagai sensor.

Sebut saja untuk kamera infrared, flood illuminator, proximity sensor, ambient light sensor, speaker, microphone, hingga dot projector.

Meski Apple bukan vendor pertama yang mengusung notch, kini banyak vendor smartphone mengikuti jejaknya menghadirkan notch di perangkat masing-masing.

Walau demikian, saat ini vendor smartphone Tiongkok Vivo menghadirkan desain baru tanpa notch melalui perangkat Vivo Nex dan Apex-nya yang diumumkan beberapa waktu lalu.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.