Sukses

Ups, USB Souvenir Pertemuan Trump-Kim Berpotensi Sebar Malware

Hal lain yang juga jadi sorotan dari pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un adalah souvenir berbentuk Kipas USB yang diberikan penyelenggara acara kepada jurnalis yang meliput pertemuan.

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan bilateral antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyita perhatian dunia.

Selain isi perjanjian keduanya yang bikin penasaran, meme pertemuan antara Trump dan Kim juga ramai beredar di dunia maya.

Hal lain yang juga disoroti adalah souvenir yang diberikan penyelenggara acara kepada jurnalis yang meliput pertemuan yang dilangsungkan di Singapura itu.

Pasalnya, para ahli keamanan siber pun terkejut, jurnalis yang meliput KTT Trump-Kim masing-masing diberi kipas angin dengan USB.

Sebagaimana dikutip dari BBC, Kamis (14/6/2018), para ahli keamanan mengingatkan agar jurnalis tidak menghubungkan USB tersebut ke perangkat laptop maupun komputer mereka.

Hal ini lantaran kipas USB itu berpotensi membawa malware berbahaya yang dapat menyerang laptop mereka.

Sebenarnya souvenir KTT Trump-Kim bukan hanya berisi kipas dengan USB melainkan juga botol air dari merek terkenal serta buku petunjuk wisata setempat.

Memang, suhu udara di Singapura saat berlangsungnya pertemuan kedua pemimpin dunia dalam kondisi cukup panas, yakni mencapai 33 derajat.

Sebelumnya, seorang jurnalis Belanda Harald Doornbos mengunggah cuitan yang berisi foto kipas ber-USB tersebut.

Doornbos mencuit, "Handy. Dalam press kit #KimTrumpSummit, ada sebuah mini USB fan yang nyaman digunakan saat menulis. Singapura memang cukup panas, sekitar 33 derajat C. Meskipun begitu Dubai lebih panas."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbauan Ahli Keamanan Siber

Ahli keamanan siber Alan Woodward dari Surrey University pun mengingatkan. "Selama bertahun-tahun, orang merekayasa beragam hal agar ada sejumlah pengguna yang menghubungkan USB ke komputer dan mendapatkan software Anda di komputer mereka," kata Woodward.

Souvenir pertemuan Donald Trump - Kim Jong-un berupa kipas USB (Foto: Twitter @HalardDoornbos)

Dia melanjutkan, jika seseorang memberikan akses USB sembarangan ke komputer, komputerpun bakal dikuasai oleh penjahat siber.

Sekadar diketahui, souvenir tersebut disiapkan oleh Menteri Komunikasi Singapura. Tidak diketahui apakah souvenir USB itu terkait dengan Korea Utara yang pada tahun lalu dituding menjadi dalang serangan siber WannaCry.

3 dari 3 halaman

Meme Pertemuan Trump-Kim

Pertemuan bersejarah pertama antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyedot perhatian dunia. Namun media sosial memandang berbeda dan seakan seperti panggung hiburan.

Warganet dunia pun menyaksikan kedua pemimpin itu berjabat tangan dan berpose untuk foto saat tiba di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, sebelum mereka melanjutkan pertemuan one on one.

Pengguna Twitter dan Instagram tak hanya berbagi peristiwa penting seputar pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un, mereka juga berbagi meme dan komentar dari momen bersejarah tersebut.

Penasaran seberapa lucu meme tersebut? Berikut ini daftarnya yang dijamin bakal bikin kamu mules karena menahan ketawa.

 

Eagerly awaiting the diplomatic exchange of bad hair cuts during the Trump-Kim summit.

A post shared by Ed Yevelev (@edyevelevcartoons) on

 

If only it was that simple to solve the problem #trumpmemes #northkorea

A post shared by John Forehand (@elbie_f) on

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.