Pesepak Bola Keranjingan Fortnite, Bakal Jadi Tren di Piala Dunia?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 14 Jun 2018, 09:20 WIB
Diperbarui 16 Jun 2018, 09:13 WIB
Prancis, Italia, Laga Uji Coba

Liputan6.com, Jakarta - Gim Fortnite tak dimungkiri telah berhasil menarik perhatian banyak orang, tak terkecuali para pesepak bola dunia. Hal itu dapat dilihat dari tingkah laku para pemain di lapangan hijau.

Dikutip dari Eurogamer, Kamis (14/6/2018), sejumlah pemain sepak bola di liga besar Eropa banyak menirukan gaya dari karakter-karakter di Fortnite. Biasanya, gaya itu dilakukan sebagai selebrasi gol.

Salah satu pemain yang dikenal beberapa kali melakukan selebrasi khas Fortnite adalah Antoine Griezmann.

Pemain asal Prancis itu kedapatan melakukan gaya 'Take the L' yang biasa muncul di Fortnite. Selain Griezmann, pemain lain yang diketahui pernah melakukan selebrasi 'Take the L' adalah Yassin Ayoub dari klub FC Utrecht.

Sebelumnya, pemain dari Karlsruher SC juga pernah merayakan gol dengan menirukan karakter Fortnite yang berhasil dikalahkan. Uniknya, selebrasi ini dilakukan oleh beberapa pemain, sehingga cukup lucu saat disaksikan.

Tak lupa, ada pemain muda Tottenham Hostpur Dele Alli. Khusus untuk Alli, ia kerap menyiarkan langsung kegiatannya saat bermain gim Fortnite melalui Twitch dengan akun delstroyer14.

Saat bertanding melawan Watford FC awal bulan lalu, Alli melakukan tarian lucu khas gim besutan Epic Games tersebut. Ia juga membuat perayaan dengan menari The Floss ala Fortnite.

Pemain asal klub Inggris yang juga diketahui menyukai gim ini adalah Callum Paterson dari Cardiff City. Gelandang tersebut beberapa kali melakukan selebrasi 'Take the L' dan gaya 'The Floss'.

Menilik demam Fortnite yang belum usai, besar kemungkinan para pemain akan memakai gaya-gaya ini saat gelaran di gelaran Piala Dunia 2018.

Seperti diketahui, sejumlah pemain yang disebutkan di atas turut membela negaranya di ajang bergengsi empat tahunan tersebut.

Karenanya, selebrasi yang terinspirasi dari gaya di gim Fortnite bukan tak mungkin kembali muncul di Piala Dunia kali ini.

Untuk membuktikannya, menarik untuk menunggu turnamen yang akan digelar pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 tersebut.

2 dari 3 halaman

Epic Siap Gelontorkan Rp 1,4 Triliun untuk Kompetisi eSport Fortnite

Fortnite
Fortnite kini sudah menyambangi iOS (sumber: Epic Games)

Kepopuleran Fortnite membuat Epic Games selaku pengembang tak ragu-ragu untuk membuat kompetisi eSport berhadiah fantastis. Pengembang itu menjanjikan total hadiah US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun.

"Ambil peralatanmu dan mulai berlatih. Sejak peluncuran Fortnite Battle Royale, kami melihat semangat untuk berkompetisi, dan tak sabar untuk menghadirkan kompetisi yang terbaik," tutur Epic dalam pernyataannya.

Epic Games menyebut pihaknya berencana menawarkan pengalaman lebih inklusif. Selain itu, mereka juga akan fokus pada kesenangan bermain termasuk saat menonton pertandingan di Fortnite yang sedang berlangsung.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kompetisi ini, termasuk jadwal penyelenggaraan. Epic Games berencana mengungkap lebih banyak detil seputar kompetisi dalam beberapa minggu ke depan.

Untuk diketahui, hadiah yang ditawarkan Epic Games dalam kompetisi ini terbilang sangat besar. Bahkan, jauh melampaui kompetisi eSport yang sudah pernah diselenggarakan selama ini. 

Berdasarkan sejarah, hadiah terbesar untuk gelaran eSport terjadi pada tahun 2017. Ketika itu, hadiah total untuk kompetisi Dota 2 mencapai US$ 38 juta atau sekitar Rp 539 juta.

Langkah Epic Games untuk menyediakan hadiah dengan nilai sebesar itu juga menuai reaksi positif. Analis gim dari Wedbush, Michael Pachter, menyebut langkah tersebut sangat fenomenal.

Analis eSport SuperData Bethany Lyons juga menuturkan dengan uang yang ditawarkan Epic Games membuat Fortnite menjadi gelaran eSport terbesar dari sisi hadiah.

3 dari 3 halaman

Resmi, Fortnite Nongol di eStore Nintendo Switch

Fortnite
Fortnite. (Doc: Epic Games)

Terbaru, Fortnite juga dilaporkan akan semakin dekat untuk hadir di Nintendo Switch. Seperti dikutip Ubergizmo, data pembaruan Fortnite baru-baru ini diunggah ke Nintendo CDN (Content Delivery Network).

Unggahan data ke server Nintendo ini semakin menegaskan gim tersebut akan meluncur ke Nintendo Switch.

Terlepas dari hal itu, pengumuman resmi dari Nintendo memang sudah lama dinanti oleh pecinta gim tersebut.

Sekadar informasi, Fortnite memang sudah meluncur di pasaran sejak lama. Tak hanya rilis di konsol, gim ini juga sudah meluncur ke platform mobile, yakni iOS.

Sebelumnya, peluncuran Fortnite di iOS berhasil meraup untung jutaan dolar hanya dalam waktu singkat.

Dengan peluncuran gim ke berbagai platform tentu akan membantu bilamana pengembang menambahkan fitur cross-platform ke Fortnite agar lebih menarik lagi.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓