Sukses

Fitur Swipe Kini Hadir di Gmail Versi Android

Melalui fitur baru Gmail, pengguna bisa menggeser email ke kiri atau kanan untuk beragam fungsi.

Liputan6.com, Jakarta - Google merilis pembaruan untuk Gmail pada perangkat berbasis OS Android. Versi terbaru Gmail hadir dengan sejumlah guna membuat pengalaman pengguna menjadi lebih menyenangkan.

Dilansir Phone Arena, Selasa (12/6/2018), Gmail versi baru untuk Android memiliki sejumlah perubahan. Salah satunya yaitu, kehadiran fitur Swipe actions yang ada pada menu General.

Melalui fitur tersebut, pengguna bisa menggeser email ke kiri atau kanan untuk beragam fungsi. Misalnya, pengguna bisa mengatur fungsi gerakan menggeser ke anan (right swipe) untuk menghapus atau memindahkan email ke folder lain.

Gmail rilis fitur baru (Foto: Android Police)

Fitur swipe ini antara lain bisa digunakan untuk Archive, Delete, Mark as read/unread, Move to, Snooze dan None.

Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini untuk dua tindakan sekaligus, yakni gerakan menggeser email ke kanan dan kiri dengan fungsi berbeda.

Versi terbaru Gmail ini belum tersedia di Google Play Store. Para pengguna harus bersabar sampai Google merilisnya secara resmi, tapi kemungkinan akan hadir pada bulan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampilan Anyar Gmail Hadir untuk Seluruh Pengguna Mulai Bulan Depan

Google sudah mengumumkan akan mengubah tampilan Gmail web sejak April tahun ini. Untuk sekarang, tampilan anyar ini baru tersedia untuk sejumlah pengguna saja, termasuk bagian dari Early Adopter Program.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (8/6/2018), tampilan baru ini akan tersedia untuk seluruh pengguna mulai bulan depan. Dalam unggahan blog terbaru, perusahaan juga mengungkap sejumlah opsi untuk admin G Suite saat tampilan baru ini rilis.

Pengumuman pertama, admin G Suite dapat langsung mengubah tampilan anggotanya ke Gmail terbaru. Opsi kedua, admin dapat memberi kesempatan pengguna untuk beralih ke Gmail baru sesuai kebutuhannya.

Terakhir, Google memberi waktu hingga empat pekan agar seluruh pengguna dapat mulai memakai tampilan baru ini. Opsi terakhir ini disebut akan menjadi pengaturan bawaan untuk Gmail versi terbaru.

Lebih lanjut, Google mengungkapkan bahwa delapan pekan setelah Gmail baru ini tersedia, pengguna yang masih memakai tampilan lawas akan segera mengalami perubahan. Dalam masa ini, opsi untuk kembali ke tampilan lawas hadir beberapa pekan setelahnya.

Lalu, sekira 12 pekan setelahnya, pengguna yang masih memakai tampilan lawas akan secara otomatis dipindahkan ke tampilan baru. Kali ini, pengguna tak lagi dapat mengubah tampilannya ke versi lama.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Gmail