Sukses

Orang Indonesia Habiskan Kuota Internet 134MB Per Hari Selama Ramadan

Penggunaan layanan data didominasi oleh pemakaian media sosial dengan peningkatan 24 persen dibandingkan hari biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggan paket data makin aktif terhubung dengan internet selama bulan Ramadan. Berdasarkan data Telkomsel, dalam kurun waktu 20 hari pertama di bulan Ramadan, pelanggan Telkomsel rata-rata mengonsumsi 134MB layanan data setiap harinya.

Angka ini meningkat sekitar 23 persen dibandingkan hari-hari biasa. Selain itu, penggunaan layanan data didominasi oleh pemakaian media sosial dengan peningkatan 24 persen dibandingkan hari biasa.

Masih data Telkomsel, pengguna internet paling banyak menghabiskan kuotanya di media sosial selama Ramadan dengan persentase 35,3 persen. Aktivitas lain yang juga dilakukan di dunia maya adalah layanan video streaming (31 persen), layanan pesan instan (12,8 persen), berbagai layanan Google (7,3 persen), dan mengakses gim online (2,4 persen).

Telkomsel juga memaparkan bahwa selama Ramadan, ada sejumlah aplikasi yang paling banyak menyumbang konsumsi data, antara lain adalah YouTube, Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Google.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, Telkomsel menyiapkan layanan agar selama masa Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) guna memastikan tetap memberikan layanan terbaik, termasuk kepada pelanggan yang mudik.

"Trafik tumbuh kira-kira 40 persen, meski begitu layanan voice turun 8 persen dibanding tahun lalu. Pengguna lebih banyak menggunakan data, sehingga pertumbuhan data relatif tinggi," tutur Ririek dalam acara Buka Puasa Bersama Telkomsel dengan Media di Jakarta, Jumat (8/6/2018) malam.

Untuk itulah, kata Ririek, Telkomsel menambah 12 ribu BTS 4G sejak Januari hingga Mei 2018. Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, serta menambah kapasitas gateway internet 66 persen dari kapasitas existing menjadi 3.288Gbps.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Utama Pengamanan Jaringan Telkomsel

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan dalam kesempatan yang sama mengatakan, jalan tol menjadi jalur utama yang selalu padat saat mudik. Oleh karenanya jalan tol juga jadi fokus utama pengamanan jaringan Telkomsel.

Bob menjelaskan, 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G. Seluruh upaya tersebut dilakukan untuk meningkatan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018.

"Di jalan tol, LTE kita harus continuous, di setiap rest area dipasang capacity LTE 2.300Mhz, sehingga banyak pelanggan yang numpuk bisa dilayani. Kalau sinyal ada yang tidak bisa dipakai nanti akan jadi masalah. Selain itu di tol gate juga akan ada penumpukan kendaraan, misalnya GT Cikarang Utama, exit tol Jateng, dan tol fungsional akan ada penambahan BTS," kata Bob menjelaskan soal kesiapan jaringan Telkomsel menghadapi musim Mudik dan Lebaran 2018.

Sekadar diketahui, hingga kuartal pertama 2018, Telkomsel melayani lebih dari 108 juta pelanggan layanan data. 55 juta di antaranya adalah pelanggan 4G.

Untuk mendukung kenyamanan data pelanggan, Telkomsel didukung 167 ribu BTS di seluruh Indonesia dan 35 ribu BTS di antaranya adalah BTS 4G untuk memaksimalkan layanan data pelanggan.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.