Sukses

iPhone X Jadi Smartphone Paling Populer Awal 2018

Berdasarkan data terbaru, smartphone besutan Apple termasuk yang paling banyak terjual di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas Apple di pasar smartphone masih bertahan. Berdasarkan data terbaru, smartphone besutan Apple termasuk yang paling banyak terjual di dunia.

Dilansir Softpedia, Senin (11/6/2018), berdasarkan laporan provider informasi, IHS Markit, iPhone X dan iPhone 8 merupakan dua smartphone paling laris pada kuartal I 2018. Keduanya merupakan smartphone baru yang dirilis Apple pada kuartal akhir 2017.

Total pengapalan smartphone pada kuartal I 2018 mencapai 345,5 juta unit, dengan sekira 12,7 juta unit di antaranya berasal dari iPhone X.

Kendati demikian, penjualan smartphone Apple pada awal tahun ini lebih sedikit dibandingkan periode yang sama pada 2017.

Data pengapalan smartphone dari IHS Markit (Foto: Softpedia)

IHS Markit dalam laporannya mengungkapkan, Apple mengapalkan total 35,6 juta unit iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada kuartal yang sama tahun lalu. Total penjualan iPhone X dan iPhone 8 mencapai 21,2 juta unit.

Berdasarkan data baru ini, Apple berarti menjual lebih banyak iPhone "jadul". Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu diharapkan dapat merilis varian baru iPhone, yang dapat meyakinkan pengguna untuk upgrade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apple Bakal Rilis iPhone Lebih Murah

Apple diprediksi akan merilis tiga varian iPhone baru pada tahun ini. Selain suksesor iPhone X dan varian "Plus", Apple juga diperkirakan meluncurkan smartphone dengan harga lebih murah dibandingkan keduanya.

iPhone "murah" ini dilaporkan akan hadir dengan panel LCD, yang diharapkan dapat membuat lebih banyak pengguna memperbarui perangkat mereka.

"Produsen sangat tertarik terhadap layar, karena layar merupakan sebuah upgrade yang mudah dimonetisasi dengan konsumen. Berbagai upgrade nantinya juga akan meningkatkan pangsa pasar Apple," ungkap Direktur Perangkat Konsumen IHS Markit, Jusy Hong.

Lebih lanjut, IHS Markit mengungkapkan ada tiga varian iPhone yang mendominasi daftar lima smartphone populer pada kuartal I 2018. Selain iPhone X dan 8, iPhone 8 Plus juga termasuk di dalamnya.

Sementara iPhone X dan 8 memimpin posisi dua besar, Galaxy Grand Prime Plus merupakan smartphone terlaris ketiga dengan 8,3 juta unit. Posisi berikutnya secara berurutan ditempati iPhone 8 Plus dengan 8 juta unit dan Galaxy S9 Plus dengan 7,4 juta unit.

Sayangnya, vendor Tiongkok tidak menduduki peringkat 10 besar disebabkan keterlambatan peluncuran produk baru.

"Penundaan model baru dari Huawei, Xiaomi dan Vivo merupakan penyebab tidak ada model smartphone dari manufaktur Tiongkok di daftar 10 besar," demikian IHS Markit menjelaskan dalam laporannya.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.