Sukses

Studio Film J.J. Abrams Rambah Industri Gim

Divisi baru bernama Bad Robot Games ini akan fokus menggarap judul gim orisinal.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan produksi film yang dipimpin J.J. Abrams, Bad Robot, dilaporkan mulai merambah industri gim.

Informasi ini diketahui setelah perusahaan dipastikan membuat divisi baru khusus gim. 

Dikutip dari The Verge, Senin (11/6/2018), divisi yang diberi nama Bad Robot Games ini akan disokong oleh Tencent. Bersama perusahaan asal Tiongkok itu, Warner Bros juga disebut masuk dalam daftar investor.

Berdasarkan penuturan Bad Robot, divisi gim ini akan fokus untuk menggarap gim orisinal. Untuk itu, studio akan bekerja sama dengan sejumlah pengembang gim tradisional.

"Bersama dengan pengembang gim tradisional, kami akan menciptakan proyek--baik skala besar atau indie--untuk mobile, PC, dan konsol. Kami akan didukung oleh ahli kelas dunia," tulis Bad Robot dalam pernyataannya.

Sebelumnya, Bad Robot memang pernah menggarap gim, tapi tak lebih dari sekadar coba-coba. 

Sementara kali ini, perusahaan memilih lebih serius dan menunjuk Dave Baronoff--seorang veteran di Bad Robot--sebagai pimpinan divisi. 

Keputusan Tencent untuk berinvestasi di divisi gim Bad Robot ini disebut menjadi langkah perusahaan untuk membangun sebuah kerajaan gim.

Sekadar informasi, raksasa internet di Tiongkok itu sudah tak asing dengan bisnis gim.

Selain mengembangkan gim sendiri, perusahaan juga berinvestasi ke sejumlah pengembang gim kenamaan.

Epic Games pembesut Fornite dan Supercell kreator Clash of Clans, merupakan sejumlah perusahaan gim yang mendapat kucuran dana Tencent.

Hingga saat ini, belum ada informasi proyek apapun yang siap diluncurkan dari divisi gim Bad Robot ini.

Kendati demikian, kabar menyebut J.J. Abrams akan berpartisipasi dalam divisi ini, mengingat ia mengaku sangat menyukai bermain gim.

"Saya merupakan fans berat gim, dan sangat iri dengan peranti yang digunakan para pengembang, termasuk dunia yang diciptakan," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tencent Luncurkan WeGame

Langkah Tencent untuk berkiprah di industri gim memang tak main-main. Tahun lalu, raksasa internet itu meluncurkan WeGame, sebuah platform distribusi gim PC digital. Sebelumnya, platform itu diberi nama Tencent Games Platform. 

Tencent Games Platform sudah cukup sukses di Tiongkok, dengan mengantongi sekitar 200 juta pengguna aktif. Perubahan nama ini menandakan Tencent mulai melebarkan sayapnya ke arah pengguna di seluruh dunia.

Dikutip dari laman Digital Trends, WeGame tak hanya dapat diakses oleh pengguna yang tinggal di Tiongkok, tetapi juga pemain di seluruh dunia.

Tak seperti CD Projekt yang memiliki platform serupa, Tencent memiliki kesempatan mengalahkan Steam sebagai platform distribusi gim PC digital nomor satu saat ini berkat jumlah basis pengguna yang luar biasa.

3 dari 3 halaman

Tencent Resmi Bawa Gim PUBG ke Tiongkok

Tak hanya itu, Tencent juga telah resmi menandatangani kontrak kerja sama dengan PUGB Corp untuk merilis Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) di Tiongkok. 

"Kami berupaya melakukan yang terbaik untuk menyajikan gim hebat ini ke gamer di Tiongkok," ungkap C.H. Kim, CEO PUBG Corp yang dikutip laman Polygon.

Ia menambahkan, "Tencent akan melokalisasi dan mengoperasikan gim tersebut secara langsung agar sesuai dengan preferensi gamer di Tiongkok."

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.