Sukses

Instagram Bakal Rilis Fitur Video Baru pada 20 Juni 2018

Instagram sedang bersiap mengumumkan fitur video baru dengan durasi lebih panjang, yang akan menjadi kompetitor YouTube dan Snapchat Discover.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram sedang bersiap mengumumkan fitur video baru dengan durasi lebih panjang, yang akan menjadi kompetitor YouTube dan Snapchat Discover. Berdasarkan laporan baru, pengumuman fitur ini dijadwalkan pada 20 Juni 2018.

Dikutip dari Tech Crunch, Jumat (8/6/2018), sejumlah sumber mengatakan bahwa Instagram akan menghadirkan ruang khusus untuk menampilkan berbagai acara dan video musik, yang sebagian besar dalam bentuk vertikal, full-screen dan resolusi 4K.

Pihak Instagram telah bertemu dengan sejumlah bintang populer media sosial dan penerbit konten untuk menemukan cara agar channel video mereka bekerja dengan baik di aplikasi tersebut.

Konten video Instagram ini tidak seperti acara dari Netflix Originals atau dengan kualitas HBO. Namun, fitur baru ini akan lebih fokus seperti video-video sepert yang dibuat oleh kreator YouTube.

Konten video populer biasanya berdurasi dari lima hingga 15 menit, direkam dengan kamera dan pencahayaan bagus, tapi tidak serumit proses pembuatan film.

Fitur baru Instagram ini juga bisa digunakan oleh pengguna Instagram lainnya, tidak hanya kalangan profesional atau influencer. Rata-rata pengguna akan bisa mengunggah video dengan durasi lebih panjang, lebih dari 60 detik atau maksimal satu jam.

Sama seperti di YouTube, para penerbit dan kreator konten juga bisa menghasilkan uang dari fitur baru tersebut melalui iklan.

Menurut sumber, video-video tersebut akan memiliki opsi swipe-up untuk membuka sebuah link, sehingga kreator bisa memanfaatkannya untuk mendongkrak trafik ke situs web atau toko online mereka.

Berbekal lebih dari 800 juta pengguna Instagram, konten video Instagram bisa menjadi alat pemasaran yang kuat untuk membantu mengalirkan uang langsung kepada para kreator.

Phone Arena melaporkan, pihak Instagram belum memutuskan penempatan fitur video baru tersebut, apakah akan hadir melalui sebuah tab baru atau menggunakan metode lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instagram Sempat Eror

Terlepas dari rencana kehadiran fitur baru, Instagram beberapa hari lalu sempat eror dan dikeluhkan oleh banyak penggunanya.

Laporan tentang masalah pada aplikasi Instagram banyak beredar di ranah maya, termasuk jejaring sosial Twitter. Berdasarkan laporan Down Detector pada Selasa (5/6/2018), keluhan terkait aplikasi Instagram memang cukup meningkat dalam beberapa jam terakhir.

Laporan tersebut sebagian besar berasal dari wilayah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sejumlah pengguna Instagram di Indonesia juga mengalami masalah serupa.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, memang tak seluruh pengguna aplikasi Instagram mengalami masalah ini. Sebagian besar melaporkan aplikasi Instagram miliknya masih dapat diakses.

3 dari 3 halaman

Aplikasi Sempat Eror, Instagram Akhirnya Buka Suara

Pihak Instagram akhirnya buka suara terkait eror pada aplikasi Android. Berdasarkan pernyatannya melalui Twitter, Instagram menyebutkan terdapat masalah yang menyebabkan aplikasinya pada perangkat Android mengalami crash kemarin, Selasa (6/6/2018).

"Kemarin, ada sebuah masalah yang menyebabkan aplikasi Instagram mengalami crash pada perangkat Android. Kami minta maaf dan masalah telah diselesaikan! Jika kalian masih mengalami masalah tersebut, coba pasang kembali atau perbarui aplikasinya," tulis Instagram melalui akun Twitter.

Sayangnya, Instagram tidak menjelaskan masalah yang terjadi pada aplikasinya untuk perangkat Android.

Banyak pengguna Instagram mengeluhkan aplikasi Android mereka mengalami eror. Laporan pun beragam, termasuk aplikasi menjadi crash ketika membuka Instagram Stories atau saat berseluncur di feed.

Sejauh ini belum diketahui jenis perangkat Android yang sempat mengalami masalah tersebut. Pasalnya, tidak semua aplikasi Android mengalami crash.

Pengguna smartphone Samsung, Xiaomi, Huawei dan Motorola, diketahui melaporkan ada bug pada aplikasi Instagram, sehingga mereka tidak bisa membukanya atau langsung tertutup saat ingin mengakses layanan tersebut.

(Din)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.