Sukses

Aplikasi Sempat Eror, Instagram Akhirnya Buka Suara

Pihak Instagram akhirnya buka suara terkait masalah yang terjadi pada aplikasinya, kemarin, Selasa (5/6/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Instagram akhirnya buka suara terkait eror pada aplikasi Android. Berdasarkan pernyatannya melalui Twitter, Instagram menyebutkan terdapat masalah yang menyebabkan aplikasinya pada perangkat Android mengalami crash kemarin, Selasa (6/6/2018).

"Kemarin, ada sebuah masalah yang menyebabkan aplikasi Instagram mengalami crash pada perangkat Android. Kami minta maaf dan masalah telah diselesaikan! Jika kalian masih mengalami masalah tersebut, coba pasang kembali atau perbarui aplikasinya," tulis Instagram melalui akun Twitter.

Sayangnya, Instagram tidak menjelaskan masalah yang terjadi pada aplikasinya untuk perangkat Android.

Banyak pengguna Instagram mengeluhkan aplikasi Android mereka eror. Laporan pun beragam, termasuk aplikasi menjadi crash ketika membuka Instagram Stories atau berseluncur di feed.

Sejauh ini belum diketahui jenis perangkat Android yang sempat mengalami masalah tersebut. Pasalnya, tidak semua aplikasi Android mengalami crash.

Pengguna smartphone Samsung, Xiaomi, Huawei dan Motorola, diketahui melaporkan ada bug pada aplikasi Instagram, sehingga mereka tidak bisa membukanya atau langsung tertutup saat ingin mengakses layanan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Keluhkan Instagram Eror di Twitter

Laporan tentang masalah pada aplikasi Instagram banyak beredar di ranah maya, termasuk jejaring sosial Twitter. Berdasarkan laporan Down Detector, kemarin, keluhan terkait aplikasi Instagram memang cukup meningkat dalam beberapa jam terakhir.

Laporan tersebut sebagian besar berasal dari wilayah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sejumlah pengguna Instagram di Indonesia juga mengalami masalah serupa.

Saat dicoba oleh Tekno Liputan6.com, memang tak seluruh pengguna aplikasi Instagram mengalami masalah ini. Sebagian besar melaporkan aplikasi Instagram miliknya masih dapat diakses.

3 dari 3 halaman

Ini Penjelasan Instagram soal Hilangnya Foto Amien Rais-Habib Rizieq

Terlepas dari aplikasinya yang eror, Instagram tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Keputusan Instagram menghapus foto Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, bersama Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Habib Rizieq, berbuntut panjang.

Amien Rais menilai penghapusan tersebut sebagai bukti bahwa kebebasan berekspresi, yang menjadi salah satu agenda reformasi, kembali dicederai. Pihak Instagram ketika dimintai keterangan mengatakan, "Soal Amien Rais, kami masih belum bisa berkomentar karena masih diperiksa kenapa di-take down".

Berdasarkan screenshot soal penghapusan yang diunggah Amien Rais di Instagram, fotonya dihapus karena telah melanggar Community Guidelines atau Pedoman Komunitas layanan tersebut.

Mengutip Pedoman Komunitas Instagram, ada beberapa pelanggaran batasan yang akan mengakibatkan penghapusan konten, penonaktifan akun atau larangan-larangan lain.

Instagram mengharuskan pengguna membagikan foto dan video yang diambil sendiri atau pengguna memang memiliki hak untuk membagikannya. Batasan kedua, yakni harus mengunggah foto dan video yang sesuai dengan semua pengguna lain.

Batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar lainnya, termasuk harus menumbuhkan interaksi yang bermanfaat dan tulus, mematuhi hukum, serta menghormati anggota komunitas (pengguna) Instagram lainnya. Selain itu, di dalamnya juga mewajibkan pengguna menjaga lingkungan dengan tidak mendukung tindakan yang dapat melukai diri sendiri, dan berhati-hati saat menyebarkan informasi tentang acara di Instagram agar sesuai bagi semua orang.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.