Sukses

Olympus PEN E-PL9, Kamera Mirrorless Terjangkau dengan Fitur Melimpah

Olympus PEN E-PL9 memiliki teknologi yang memungkinkan pengguna dengan mudah menangkap foto-foto artistik.

Liputan6.com, Jakarta - Olympus baru saja mengumumkan kamera mirrorless terbaru dengan seri PEN E-PL9. Kamera standar micro four thirds system ini dikemas dengan berbagai fitur yang membuat fotografi lebih menyenangkan.

Olympus PEN E-PL9 memiliki teknologi yang memungkinkan pengguna dengan mudah menangkap foto-foto artistik, dan desain dari kamera ini pun terlihat stylish.

Pengguna dapat dengan mudah mengimpor gambar yang diambil dengan E-PL9 ke smartphone untuk berbagi dengan cepat dan mudah ke media sosial.

Dilengkapi pula dengan Mode Filter Seni ( Art Filter ) yang membuat gambar lebih mengesankan layaknya Pro dengan cara yang mudah.

Tersedia berbagai macam lensa yang dapat dicopot-pasang untuk memperluas ekspresi fotografis, seperti mengontrol perspektif untuk menghasilkan gambar yang menonjol atau mencapai efek defocusing.

Sandy Chandra, Marketing Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI) mengatakan Olympus PEN E-PL9 diluncurkan tepat saat momen Ramadan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin memiliki kamera terjangkau dan berkualitas andal untuk dipakai mengabadikan momen saat merayakan lebaran.

“Momen Lebaran biasanya dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan juga liburan ke tempat-tempat wisata. Desain Olympus PEN E-PL9 yang ringkas dan praktis membuat kamera ini sangat cocok dibawa bepergian tanpa merepotkan,” papar Sandy, Selasa (5/6/2018) di Jakarta.

Ia menyebut, kamera ini cocok untuk fotografer yang sudah ahli maupun masih belajar. Fitur dan kemampuannya pun diklaim mendukung kebutuhan konsumen yang ingin mengabadikan momen istimewa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Melimpah

PEN E-PL9 memiliki Filter Art ala Olympus sebanyak 16 item untuk menambahkan sentuhan akhir yang mengesankan sehingga membuat gambar terlihat menonjol.

Model ini menampilkan filter Film Instan baru yang menambahkan efek modern pada gambar sambil mempertahankan nuansa nostalgia.

Selain itu, lensa interchangable menghadirkan jangkauan ekspresi dan kualitas gambar tinggi, termasuk potret dengan efek latar belakang defocusing alami dan foto dinamis dengan perspektif yang disempurnakan.

Teknik fotografi tingkat pro seperti Live Composite dan pemotretan multi-eksposur, termasuk dalam mode AP (Advanced Photo) memungkinkan siapa pun dapat menikmati teknik pemotretan yang rumit tanpa khawatir dengan pengaturan sulit.

Fungsi Touch AF Shutter membuat selfie mudah dilakukan, baik untuk gambar diam maupun video, cukup dengan menyentuh layar pada monitor LCD. Monitor flip down memungkinkan untuk memotret selfie hanya dengan menyentuh layar.

Ketika layar di balik ke bawah, secara otomatis beralih ke tampilan cermin di mana e-Portrait, rana, perekaman video, pemutaran, dan pengatur waktu khusus--semuanya dapat dioperasikan menggunakan sentuhan pada layar LCD.

 

3 dari 4 halaman

Koneksi Mudah dengan Smartphone

Olympus PEN E-PL9 memiliki fitur Bluetooth yang terintegrasi di samping Wi-Fi untuk membuatnya lebih mudah untuk terhubung ke smartphone dan berbagi gambar ke media sosial.

Dengan menggunakan konsumsi daya Bluetooth yang rendah, kamera dapat tetap siaga untuk dinyalakan dari smartphone saat diperlukan untuk melihat gambar atau mengunggah melalui Wi-Fi dengan menggunakan aplikasi  Olympus Image Share (OI.Share).

Bahkan ketika kamera berada dalam tas, pengguna dapat melihat dan mentransfer gambar yang direkam pada kamera ke smartphone. Model ini juga dilengkapi dengan fungsi baru untuk mentransfer gambar ke smartphone secara otomatis.

Desain Compact

Kamera ini sangat portabel dan lebih ringan dari botol air 500 ml, bahkan ketika dikombinasikan dengan lensa M.Zuiko Digital ED 14-42mm F3.5-5.6 EZ, membuat ukuran yang pas di telapak tangan.

Grip yang ada telah dimodifikasi untuk mencapai bentuk yang lebih mudah dipegang. Tiga warna bodi tersedia untuk menyesuaikan gaya pengguna, seperti putih, hitam, dan coklat.

4 dari 4 halaman

Harga dan Spesifikasi Teknis

Olympus PEN E-PL9 dilengkapi dengan In-body Image Stabilization, di mana mampu memberikan kinerja stabilisasi gambar yang kuat bahkan ketika memotret di malam malam atau dalam ruangan yang redup.

Penambahan prosesor gambar TruePic VIII terbaru yang digunakan pada model Olympus OM-D E-M1 Mark II, mampu mengurangi noise untuk menghasilkan gambar jernih.

Kamera ini juga mendukung video beresolusi 4K. Selain semua fitur serbaguna ini mode Otomatis mampu mendeteksi subjek wajah, mata, kecerahan, dan gerakan.

Fitur lainnya adalah Modus SCN (S) yang memungkinkan pengguna secara instan mengaktifkan pengaturan pemotretan yang sesuai hanya dengan menyentuh tema pemotretan di layar.

Kemudian lampu flash built-in dapat digunakan untuk mengurangi buram bahkan saat memotret di malam hari.

Harga dan Ketersediaan

Olympus Customer Care Indonesia ( OCCI ) memasarkan kamera entry level Olympus PEN E-PL9 disertai 14-42mm EZ Lens Kit dengan harga Rp 10.499.000. Pada paket pembelian, konsumen akan mendapatkan bonus gratis SDHC 32Gb Class 10.

OCCI memberikan paket penawaran khusus yaitu Olympus PEN E-PL9 dengan 14-42mm EZ Lens Kit ditambah lensa M. Zuiko 45mm F1.8 ( senilai Rp 5.500.000 ) serta bonus SDHC 32Gb Class 10 yang dibanderol dengan harga Rp 12.599.000.

Spesifikasi Teknis

- 16 Megapixel Live MOS Image Sensor

- In-body 3-Axis Image Stabilization

- TruePic™ VIII Image Processor

- Built-in Flash

- Touch to Focus & Shoot

- 16 Art Filter

- 4K Ultra HD Video

- 3.0” Touch Screen LCD 180 Degree Tilting

- Built-in Wi-Fi and Bluetooth

- Silent Shooting Mode

- Creative: Live Composite, Selfie Mode, Selfie Video Mode, Video Clips Mode, Advanced Photo (AP) Mode

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.