Instagram Hapus Foto Amien Rais, Warganet Asyik Berspekulasi

Oleh Tommy Kurnia pada 05 Jun 2018, 13:00 WIB
Diperbarui 07 Jun 2018, 12:13 WIB
Merdeka.com

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, tidak terima karena foto di Instagram dicekal dan dihapus oleh platform tersebut.

Lewat akun Instagramnya, pria berusia 74 tahun itu tidak terima fotonya dihapus. Ia mengecam tindakan tersebut semena-mena dan mencederai kebebasan berekspresi.

"IG akhirnya menghapus kembali berkali-kali secara sepihak semua foto yang kami upload, yang berkaitan dengan tokoh tertentu," tulisnya di Instagram pada Senin, (4/6/2018).

Pada postingannya, foto Amien Rais dianggap Instagram telah melanggar Community Guidelines (Pedoman Komunitas) mereka.

Meskipun pihak Instagram belum bisa memastikan penyebab kejadian ini, warganet sudah lebih dulu berakrobat jempol. Bahkan, Hanum Rais (putri Amien Rais) menuduh Instagram telah 'dipesan', walaupun ia tidak memberi bukti.

Beberapa warganet lain memilih berpikir positif dengan menyebut akun Instagram Amien Rais telah mendapat perhatian.

"Tandanya akun pak @amienraisofficial itu sudah diperhatikan. Alhamdulillah ya pak ada yg merhatiin. Sehat terus ya pak.. semoga yg merhatiin di berikan hidayah & di berikan hidayah & dirubah cara memperhatikan nya. Semangat terus untuk indonesia yg lebih baik," tulis @prasetyaadriansyah.

"Seengganya bapak sudah memberi mereka (admin Instagram) pekerjaan upload lagi pak,biar mereka kerja wkwkwk," kata @sam_namkul

2 dari 3 halaman

Kok Menyalahkan Pemerintah?

Foto Amien Rais
Instagram hapus foto Amien Rais (Foto: Ist)

Ada juga yang menyalahkan pemerintahan Joko Widodo atas kasus ini, padahal jelas-jelas Instagram dipimpin oleh Kevin Systrom, bukan Joko Widodo.

"Pemerintahan saat ini ga mau di kritik,..." ucap salah seorang warganet.

"Jangan kasih kendor Pak @amienraisofficial upload terus. Rezim sudah panic," kata warganet lain.

Namun, ada juga warganet yang menyanggah tuduhan tak jelas seperti itu.

"Yang ngehapus sepihak Instagram, yang disalahin pemerintah.Hmm," jelas @fadhlanw.m.

Warganet lain justru tertawa terhadap pendapat yang menyalahkan pemerintah, sebab pemerintah tidak ada sangkut pautnya dengan Instagram.

"Wkwkwk.. salah Jokowi lg.. sanah demo pemilik IGnya," kata @ovafebrian.

3 dari 3 halaman

Kata Instagram

Instagram
Instagram dan logo terbarunya. Sumber: Instagram

Walau warganet dan Hanum Rais sudah berspekulasi, tetapi pihak Instagram mengaku masih menyelidiki alasan penghapusan foto tersebut.

"Soal Amien Rais, kami masih belum bisa berkomentar karena masih diperiksa kenapa di-take down," kata pihak internal Instagram saat dihubungi tim Tekno Liputan6.com, Selasa (5/6/2018).

Berdasarkan foto yang diunggah Amien Rais di Instagram, fotonya dihapus karena telah melanggar Community Guidelines atau Pedoman Komunitas layanan tersebut.

Berdasarkan keterangan di laman Pedoman Komunitas Instagram, ada beberapa pelanggaran batasan yang akan mengakibatkan penghapusan konten, penonaktifan akun atau larangan-larangan lain.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓