Sukses

Foto Amien Rais-Habib Rizieq Hilang di Instagram, Ini Kata Menkominfo

Menkominfo Rudiantara menegaskan pihak Kemkominfo dan pemerintah tidak meminta Instagram untuk menghapus foto tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu foto yang diunggah Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mendadak dihapus Instagram. Foto yang ia unggah di akun @amienraisofficial tersebut, memperlihatkan pertemuan antara Amien Rais, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.

Diungkap, foto tersebut beberapa kali sempat diunggah, tetapi mendadak hilang di Instagram.

Amien Rais pun mengungkapkan kekecewaannya terhadap hilangnya foto itu. Admin akun tersebut mengatakan bukti kebebasan berekspresi telah dicederai. Akun ini juga seolah menganggap pemerintah turut campur tangan untuk menghapus foto itu. 

Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan baik pihak Kemkominfo dan pemerintah tidak meminta Instagram untuk menghapus foto tersebut.

“Kami tidak meminta Instagram untuk menurunkan foto orang Indonesia yang sedang umroh di Mekkah yang banyak dibicarakan. Kami sedang fokus menangani konten-konten negatif seperti radikalisme-terorisme, perjudian, dan lain-lain,” ujar pria yang karib disapa Chief RA ini kepada Tekno Liputan6.com via pesan singkat.

“Secara teknis, yang mungkin terjadi adalah pemilik akun sendiri yang melakukan atau Instagram sendiri atau atas aduan masyarakat/komunitas pengguna Instagram, yang pasti bukan kami,” tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendadak Hilang

Untuk diketahui, admin Instagram @amienraisofficial juga sempat mengunggah bukti foto yang dihapus dilengkapi caption bernada kecewa. 

"IG akhirnya menghapus kembali berkali-berkali secara sepihak semua foto yang kami upload, yang berkaitan dengan tokoh tertentu. Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi (yang bertanggung jawab) yang menjadi salah satu agenda reformasi kembali dicederai, mengembalikan kita pada era yang represif (Order Baru), di tengah-tengah kebijakan-kebijakan populis yang palsu (Order Lama). Kita semua menantikan terang setelah zaman-zaman gelap, bukan sebaliknya! Mari #selamatkanindonesia," tulis akun tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Penjelasan Instagram

Berdasarkan foto yang diunggah Amien Rais di Instagram, fotonya dihapus karena telah melanggar Community Guidelines atau Pedoman Komunitas layanan tersebut.

Menurut keterangan di laman Pedoman Komunitas Instagram, ada beberapa pelanggaran batasan yang akan mengakibatkan penghapusan konten, penonaktifan akun, atau larangan-larangan lain.

Instagram mengharuskan pengguna membagikan foto dan video yang diambil sendiri atau pengguna memang memiliki hak untuk membagikannya. Batasan kedua, yakni harus mengunggah foto dan video yang sesuai dengan semua pengguna lain.

Batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar lainnya, termasuk harus menumbuhkan interaksi yang bermanfaat dan tulus, mematuhi hukum, serta menghormati anggota komunitas (pengguna) Instagram lainnya.

Selain itu, juga termasuk di dalamnya mewajibkan pengguna menjaga lingkungan dengan tidak mendukung tindakan yang dadapat melukai diri sendiri, dan berhati-hati saat menyebarkan informasi tentang acara di Instagram agar sesuai bagi semua orang.

Pengguna Instagram bisa melaporkan konten yang dianggap melanggar Pedoman Komunitas tersebut. Instagram memiliki opsi pelaporan bawaan, yang memudahkan semua pengguna menyampaikan laporan mereka tentang konten tertentu.

"Kami memiliki tim global yang meninjau laporan ini dan bekerja secepat mungkin untuk menghapus konten yang tidak memenuhi pedoman kami," jelas Instagram dalam penjelasannya.

Setelah selesai membuat laporan, pengguna bisa memberikan informasi sebanyak mungkin, seperti tautan, nama pengguna dan keterangan konten, sehingga Instagram dapat menemukan dan meninjaunya secara tepat. Pihak Instagram pun akan menghapus konten yang memang terbukti melanggar Pedoman Komunitas miliknya.

"Kami mungkin menghapus seluruh kiriman jika gambar atau keterangan terkaitnya terbukti melanggar pedoman kami," tulis pihak Instagram.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.