Ini Penjelasan Instagram soal Hilangnya Foto Amien Rais-Habib Rizieq

Oleh Andina Librianty pada 05 Jun 2018, 11:27 WIB
Diperbarui 07 Jun 2018, 11:13 WIB
Amien Rais

Liputan6.com, Jakarta - Instagram menghapus foto Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, bersama Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Habib Rizieq. Pihak Instagram mengaku masih menyelidiki alasan penghapusan foto tersebut.

"Soal Amien Rais, kami masih belum bisa berkomentar karena masih diperiksa kenapa di-take down," kata pihak internal Instagram saat dihubungi tim Tekno Liputan6.com, Selasa (5/6/2018).

Berdasarkan foto yang diunggah Amien Rais di Instagram, fotonya dihapus karena telah melanggar Community Guidelines atau Pedoman Komunitas layanan tersebut.

Berdasarkan keterangan di laman Pedoman Komunitas Instagram, ada beberapa pelanggaran batasan yang akan mengakibatkan penghapusan konten, penonaktifan akun atau larangan-larangan lain.

Instagram hapus foto Amien Rais (Foto: Ist)

Instagram mengharuskan pengguna membagikan foto dan video yang diambil sendiri atau pengguna memang memiliki hak untuk membagikannya. Batasan kedua, yakni harus mengunggah foto dan video yang sesuai dengan semua pengguna lain.

Batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar lainnya, termasuk harus menumbuhkan interaksi yang bermanfaat dan tulus, mematuhi hukum, serta menghormati anggota komunitas (pengguna) Instagram lainnya.

Selain itu, di dalamnya juga mewajibkan pengguna menjaga lingkungan dengan tidak mendukung tindakan yang dadapat melukai diri sendiri, dan berhati-hati saat menyebarkan informasi tentang acara di Instagram agar sesuai bagi semua orang.

2 dari 2 halaman

Pengguna Bisa Lapor

Ilustrasi Instagram
Ilustrasi (iStock)

Pengguna Instagram bisa melaporkan konten yang dianggap melanggar pedoman komunitas tersebut. Instagram memiliki opsi pelaporan bawaan, yang memudahkan semua pengguna menyampaikan laporan mereka tentang konten tertentu.

"Kami memiliki tim global yang meninjau laporan ini dan bekerja secepat mungkin untuk menghapus konten yang tidak memenuhi pedoman kami," kata Instagram dalam penjelasannya.

Setelah selesai membuat laporan, pengguna bisa memberikan informasi sebanyak mungkin, seperti tautan, nama pengguna dan keterangan konten, sehingga Instagram dapat menemukan dan meninjaunya secara tepat. Pihak Instagram juga akan menghapus konten yang memang terbukti melanggar Pedoman Komunitas miliknya.

"Kami mungkin menghapus seluruh kiriman jika gambar atau keterangan terkaitnya terbukti melanggar pedoman kami," tulis pihak Instagram.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓