Sukses

macOS Mojave, Sistem Operasi Terbaru Apple untuk Perangkat Mac

Sistem operasi ini diperuntukkan untuk perangkat Mac, mulai dari MacBook hingga iMac.

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma iOS 12, sistem operasi terbaru yang diperkenalkan Apple di gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2018 adalah macOS 10.14. Sistem operasi ini diperuntukkan untuk perangkat Mac, mulai dari MacBook hingga iMac.

Apple memberi nama macOS 10.14 dengan nama Mojave. Pemberian nama tersebut terbilang berbeda dengan nama sistem operasi macOS sebelumnya. Apple diketahui memang memakai nama pegunungan di California untuk nama macOS.

Untuk diketahui, Mojave adalah nama gurun yang berlokasi di wilayah California Selatan, California Utara, Utah Barat Daya, Nevada Selatan, dan Arizona Barat Laut. Adapun mengapa Apple memilih Mojave sebagai nama baru macOS juga disertai alasan kuat.

Disampaikan SVP Software Engineering Apple Craig Federighi, keelokan alam dari Mojave menginspirasi Apple dalam merancang sistem operasi tebrarunya.

“Mojave itu kalau malam sangat indah, inilah yang menginspirasi kami merancang fitur baru macOS,” ujar Craig dalam keynotes-nya di WWDC 2018.

Salah satu fitur baru yang mencuri perhatiana dalah Dark Mode. Ya, dalam fitur ini, tampilan macOS akan berubah menjadi gelap, mulai dari dock, task bar, hingga di bagian aplikasi. Tampilan ini diklaim akan membuat pengalaman pengguna menjadi nyaman saat malam hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Baru macOS Mojave Lainnya

Fitur lainnya adalah tampilan Mac App Store. Toko aplikasi macOS ini berubah total dengan antarmuka yang lebih mirip App Store di iOS. Lebih minimalis dan memudahkan eksplorasi aplikasi.

Selain itu, Apple juga menghadirkan aplikasi baru seperti Apple News, Voice Memos, Home dan Stocks. macOS Mojave juga menghadirkan Stacks, fitur yang merapihkan desktop ketika berantakan. 

macOS Mojave juga mengedepankan fitur keamanan. Dalam hal ini, pengguna bisa lebih mudah mengontrol aplikasi jenis apa yang bisa mengakses informasi dan hardware. Bahkan, browser Safari juga memiliki fitur baru pemblokir media sosial yang melacak pengguna.

3 dari 3 halaman

Galery View

Untuk Finder juga hadir dengan fitur Galery View untuk memudahkan pengguna melakukan scroll preview file. Fitur lain yang tak kalah menariknya adalah Dynamic Desktop. Dalam fitur ini, macOS Mojave bisa menampilkan Live Wallpaper. 

macOS Mojave sendiri akan tersedia pada September 2018. Untuk versi pengembangnya sendiri sudah tersedia mulai dari hari ini.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.