Pakai Kecerdasan Buatan, MIUI 10 Kini Bisa Pelajari Kebiasaan Pengguna

Oleh Agustinus Mario Damar pada 03 Jun 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 05 Jun 2018, 11:13 WIB
Xiaomi

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan peluncuran Mi 8, Xiaomi turut memperkenalkan generasi terbaru dari MIUI, yakni MIUI 10. Sistem operasi ini hadir dengan sejumlah pembaruan.

Meski belum lengkap, Xiaomi sebenarnya sudah membeberkan sedikit fitur kunci dari sistem operasi ini. Salah satunya adalah MIUI 10 hadir dengan kemampuan kecerdasan buatan yang dapat mempelajari kebiasaan pengguna.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (3/6/2018), contoh dari penerapan kecerdasan buatan ini adalah waktu muat aplikasi yang lebih cepat. Jadi, sistem ini akan mempelajari kebiasaan spesifik pengguna membuka aplikasi dalam satu waktu.

Selain itu, MIUI 10 juga didukung dengan asisten virtual yang sudah dibenamkan. Namun, fitur ini kemungkinan besar hanya akan tersedia untuk pasar Tiongkok.

Perubahan lain yang ditampilkan di MIUI 10 adalah bar notifikasi dan quick settings. Tampilan keduanya kini lebih modern dengan sentuhan elemen warna yang dibuat lebih buram.

Selain itu, navigasi berbasis gestur (gerakan) juga makin masif di versi terbaru. Jika sebelumnya navigasi 'menyapu' layar hanya ada di Mi Mix 2 dan Mi Mix 2S, kali ini fitur tersebut akan hadir di seluruh perangkat Xiaomi.

Tampilan recents apps di MIUI 10 juga lebih fungsional sekaligus minimalis. Sebagai tambahan, ada pula fitur khusus portrait yang disebut dapat bekerja untuk perangkat dengan kamera ganda maupun satu.

Xiaomi juga mengumumkan keberadaan aplikasi baru yang memungkinkan pengguna mengontrol perangkat pintar dari Mi Ecosystem. Sayangnya, perusahaan asal Tiongkok itu belum mengungkap jadwal peluncuran versi terbaru MIUI ini.

Kendati demikian, untuk sekarang, Xiaomi sudah membuka pengujian beta untuk MIUI 10 ROM versi tiongkok secara bertahap. Sementara untuk versi global, perusahaan akan mengungkapnya dalam pengumuman lebih lanjut.

2 dari 3 halaman

Xiaomi Resmi Melepas Mi 8 Explorer Edition

Bodi Mi 8 Explorer Edition
Bodi Mi 8 Explorer Edition yang transparan (Foto: Gizmochina)

Sekadar informasi, Xiaomi sendiri sebenarnya baru merilis flagship smartphone terbarunya yakni seri Mi 8.

Ada tiga smartphone yang diperkenalkan dalam perayaan ulang tahun Xiaomi yang ke-8 itu, yakni Mi 8, Mi 8 Explorer Edition, dan Mi 8 SE. Dari ketiganya, Mi 8 Explorer Edition memiliki spesifikasi paling tinggi dengan sederetan fitur premium di dalamnya.

Misalnya saja, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizmochina, Sabtu  (2/6/2018), Mi 8 Explorer Edition merupakan perangkat Android pertama yang didukung 3D Facial Recognition seperti pada iPhone X.

Selain itu, smartphone ini bersama Mi 8 merupakan perangkat pertama yang dibekali fitur teknologi dual-band GPS.

Tidak berhenti di situ, Mi 8 Explore Edition juga hadir dengan pemindai sidik jari di layar yang sensitif terhadap tekanan.

Beralih ke desain, Mi 8 Explorer Edition hadir dengan bodi agak melengkung di sisi-sisinya yang terbuat dari material kaca transparan.

Dengan bodi belakang transparan ini, terlihat jelas bagaimana jeroan smartphone yang dibekali NFC, tekstur Kevlar pada baterainya, serta beragam komponen lainnya.

3 dari 3 halaman

Layar dan Notch

Mi 8 Explorer Edition
Bodi belakang Mi 8 Explorer Edition yang transparan (Foto: Gizmochina)

Perangkat dengan bobot 177 gram ini memiliki ukuran bodi perangkat 6,21 inci yang terasa seperti 5,2 inci. Layar Mi 8 Explorer Edition hadir dengan aspek rasio 18,7:9 dan resolusi FHD+ 2.248 x 1.080 piksel serta rasio layar ke tubuh 86,12 persen.

Masih pada layar, Mi 8 Explorer Edition mampu menghadirkan kecerahan hingga 600 nits, dukungan HDR, mode pelindung mata, dan layar Always On Display.

Mi 8 Explorer Edition juga memiliki notch di layarnya. Pada notch tersebutlah, Xiaomi menempatkan kamera depan, proximity sensor, ambient sensor, lensa infrared, flood illuminator, dan dot projector.

Pada smartphone ini pula, Xiaomi menghadirkan fitur emoji animasi yang diberi nama Mi Meng, mirip dengan milik iPhone X.

Soal spesifikasi, Mi 8 Explorer Edition ditenagai prosesor Snapdragon 845 dengan RAM 8GB dan ruang penyimpanan 128GB. 

Mi 8 Explorer Edition dibekali baterai 3.000mAh lengkap dengan pengisian daya cepat Quick Charge 4+. Smartphone telah menjalankan OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 10.

Menyoal kamera, Mi 8 Explorer Edition dibekali kamera ganda, satu wide-angle 12MP (aperture f1.8 dan 1,4 micron pixel) dan satu lagi kamera telephoto 12MP (aperture f2.4 dan 1 micron pixel).

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓