Jelang Mudik, Menkominfo Tinjau Ulang Jaringan Operator

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 01 Jun 2018, 16:00 WIB
Diperbarui 01 Jun 2018, 16:00 WIB
Menkominfo Rudiantara
Perbesar
Menkominfo Rudiantara saat ditemui di Kampus Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta, Rabu (21/3/2018). Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bakal melakukan pengecekan jaringan ke setiap operator seluler guna memastikan kesiapan layanan komunikasi menjelang mudik Lebaran 2018.

Seperti tiap tahunnya, tujuan pengecekan jaringan adalah untuk memastikan layanan telekomunikasi tetap lancar saat trafik tinggi jelang Lebaran.

Menurut Rudiantara, pihaknya akan mulai melakukan pengecekan kesiapan jaringan dua minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Dua minggu sebelum Lebaran, jadi awal Juni atau akhir pekan ini dilakukan tes. Entah tes jaringan ke daerah maupun di titik keberangkatan seperti terminal, stasiun, bandara, pelabuhan, semuanya dites," tutur Rudiantara saat ditemui media di acara Buka Puasa Bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Kamis petang (31/5/2018).

Meski belum melakukan pengecekan jaringan, Rudiantara menyebut sudah menerima update dari penyedia layanan telekomunikasi bahwa tahun ini mereka banyak menyiapkan infrastruktur.

Hal ini terkait dengan layanan komunikasi 4G yang telah meluas ke luar Pulau Jawa.

Beberapa hal yang ditingkatkan, menurut Rudiantara adalah volume mobile BTS yang ditingkatkan menjadi lebih banyak.

"Belum disampaikan laporannya berapa banyak jumlah mobile BTS-nya tetapi pasti lebih banyak karena kota yang (telah terkover) 4G bertambah, terutama di luar Jawa," katanya.


Tambahan Frekuensi 2,3GHz

Deklarasi Internet Bebas Hoax
Perbesar
Menkominfo Rudiantara memberi sambutan saat acara Deklarasi Internet Bebas Hoax dalam Pilkada 2018, Jakarta, Rabu (31/1). Dalam kegiatan ini ditandatangani nota kesepakatan aksi antara Bawaslu, Kemkominfo dan KPU. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain itu, Rudiantara mengatakan, dengan penambahan frekuensi 2,3Ghz di Pulau Jawa yang mulai diterapkan oleh operator, salah satunya Telkomsel, kapasitas jaringan diharapkan lebih bertambah di kota-kota besar.

Meski sudah ada penambahan mobile BTS dan kapasitas jaringan, Rudiantara belum mau menyebut jaringan telekomunikasi sudah aman menjelang mudik dan Lebaran.

"Nggak bisa bilang aman sekarang, kami akan tetap cek lagi sebab tidak boleh mendahului. Setelah pengecekan baru kita tahu, tetapi Insya Allah pasti lebih baik," ujarnya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya