Gim Pokemon Anyar Siap Sambangi Nintendo Switch

Oleh Agustinus Mario Damar pada 04 Jun 2018, 10:30 WIB
Diperbarui 06 Jun 2018, 10:13 WIB
Pokemon

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Nintendo Switch dipastikan kedatangan gim baru bertema Pokemon. Sebab, Nintendo baru saja mengumumkan bahwa gim berjudul Let's Go Pikachu dan Let's Go Eevee siap hadir di Nintendo Switch pada 16 November.

Dikutip dari Kotaku, Senin (4/6/2018), gim baru ini terinspirasi dari Pokemon Yellow, sebuah gim dengan Pikachu sebagai Pokemon utama yang selalu mengikuti karakter pemain sepanjang permainan.

Jadi, dalam gim ini, pemain bersama dengan Pikachu atau Eevee akan menjelajah wilayah Kanto. Wilayah ini penting karena menjadi tempat beredarnya 151 Pokemon asli.

Gameplay dalam gim ini sebenarnya cukup mirip dengan Pokemon Go. Pemain akan menjelajahi wilayah tersebut untuk menangkap Pokomen lain yang ditemui di perjalanan.

Pemain akan memantaafkan kontrol gerak dari Joy Con untuk menangkap Pokemon. Yang harus dilakukan, pemain cukup bergerak seperti sedang melempar Poke Ball untuk menangkap Pokemon.

Pokemon yang berada di sekitar pemain akan ditampilkan di peta, sehingga pemain dapat memilih monster yang ingin ditangkap. Sebagai fitur tambahan, pemain juga dapat memindahkan Pokemon yang dimiliki pemain di Pokemon Go ke dua gim ini melalui koneksi Buetooth.

Tak hanya itu, gim ini juga memungkinkan pemain mengajak temannya untuk ikut bermain.

"Cukup ambil Joy Con kedua dan goyangkan, pemain kedua akan masuk dan kamu dapat bermain dengan teman," tutur Director Game Freak Junichi Masuda.

Sekadar informasi, Masuda juga yang memperkenalkan gaya bermain Pokemon baru dengan memanfaatkan Joy Con di Nintendo Switch.

Ia menuturkan cara ini memungkinkan gim dapat menjangkau pemain dari segala usia untuk menikmati permainan.

2 of 3

Gim Pokemon Bergenre RPG

Pokemon Go
Pokemon Go Rayakan Ultah yang ke-1 dengan Event Menarik. (Doc: Pokemon Go)

Sebelumnya, kabar baik untuk pengguna Nintendo Switch juga hadir dari Pokemon. Sebab, kabar terbaru menyebut akan ada judul gim anyar bertema Pokemon yang siap menyambangi konsol tersebut.

Gim ini disebut dapat menjawab penantian para pengguna Switch terhadap gim Pokemon bergenre role playing game (RPG).

Untuk informasi, gim Pokemon di Switch saat ini bergenre fighting, sedangkan tak sedikit pengguna merasa perlu ada gim RPG karena sudah menjadi ciri khas Pokemon.

Dikutip dari Ubergizmo, kehadiran gim anyar Pokemon bergenre RPG ini diketahui dari survei yang dilakukan oleh Nintendo beberapa waktu lalu. Survei itu menanyakan kepada pemain judul gim Switch apa yang akan ingin dimainkan tahun ini.

Nintendo pun memberikan sejumlah judul pada partisipan. Salah satu judul dalam daftar tersebut adalah Pokemon RPG. Kemunculan judul itu lantas memicu spekulasi bahwa gim Pokemon bergenre RPG memang siap hadir di tahun ini.

Kendati demikian, Nintendo sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kehadiran gim anyar Pokemon di Switch. Terlebih, survei itu belum tentu menggambarkan rencana resmi pengembang, melainkan hanya sekadar ingin mengetahui respon para pemain.

Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Nintendo terkait judul gim anyar yang akan melenggang tahun ini. Untuk saat ini, penggemar Pokemon masih dapat memainkan Pokken Tournament DX di Switch.

3 of 3

Pokken Tournament DX di Switch

Pokemon
Pokken Tournament DX akan menjadi gim debut Pokemon di Nintendo Switch (sumber: techcrunch.com)

Pengguna Nintendo Switch yang menantikan kehadiran gim Pokemon akhirnya bisa bernapas lega. Sebab, debut gim Pokemon untuk konsol hybrid itu akhirnya diumumkan.

Dikutip dari IGN, gim Pokemon pertama yang meluncur untuk Nintendo Switch adalah Pokken Tournament DX. Gim figthing itu akan memanfaatkan fitur-fitur unik yang ada di Switch, seperti multiplayer dengan jaringan lokal antar Switch.

Versi anyar ini juga akan memperkenalkan 3v3 team battle dan pertarungan grup antar teman. Tak hanya fitur baru, gim ini juga kedatangan lima Pokemon anyar, yakni Darkrai, Scizor, Empoleon, Croagunk, dan Decidueye.

Kendati sudah resmi rilis, beberapa analis menyebut penggemar Pokemon mungkin akan sedikit kecewa dengan kehadiran gim ini. Alasannya, gim ini tak mengusung genre RPG yang kerap menjadi andalan Pokemon.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓