Sukses

Ini Bahaya Menggenggam Smartphone Terlalu Lama

Ada banyak bahaya yang mengintai bila kamu terlalu sering menggenggam smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Kira-kira berapa kali kamu mengecek smartphone tiap hari? Riset internal yang dilakukan Lazada beberapa waktu lalu mengungkapkan 50 persen dari pengguna selalu mengecek smartphone miliknya 100 hingga 200 kali dalam sehari.

Jadi, pengguna di Indonesia mengecek smartphone miliknya tiap 5 sampai 10 menit sekali. Hasil riset ini melibatkan sekitar 2.000 responden.

Hal ini menjadi tampak lumrah karena smartphone nyatanya memudahkan sebagian orang dalam beraktivitas.

Rupanya, seseorang terancam bahaya jika terlalu sering menggenggam smartphone. Salah satunya adalah dapat membahayakan kulit.

Dilansir Times of India, Rabu (30/5/2018), orang yang sering berkutat dengan smartphone biasanya sangat mempengaruhi pola tidur. Mereka akan lebih senang bermain smartphone ketimbang istirahat.

Sinar smartphone bisa merusak kualitas tidur seseorang. Dengan begitu akan berpengaruh juga dengan masalah kulit yang akan diderita. Karena kurang tidur, kulit cenderung kering dan semakin terlihat kusam.

Selain itu, smartphone juga dapat menyebabkan stres. Seseorang cenderung cemas ketika jauh dari smartphone. Mereka juga jadi bergantung untuk terus mengecek notifikasi yang masuk.

Stres ini berpengaruh juga pada kulit, stres bisa membuat kulit menjadi mudah berjerawat. Panas yang ditimbulkan oleh smartphone bahkan bisa menimbulkan flek-flek hitam dan hiperpigmentasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mata Jereng

Sadarkah kamu saat menatap smartphone akan membuat mata menjadi sedikit jereng? Mata yang jereng terus menerus bisa menyebabkan 'kaki gagak' atau keriput di bagian mata luar.

Bentuk huruf di layar smartphone sangat kecil dan itulah sebabnya mata membuat otot lebih banyak berkontraksi untuk fokus yang lebih baik. Semua ini bisa memicu penuaan dini, yang bisa menimbulkan keriput di sekitar mata.

Di samping itu, untuk melihat smartphone kita terus menerus menatap ke bawah. Hal ini menyebabkan gerakan repetitif pada leher yang menyebabkan keriput karena kulit sangat lembut dan bisa kehilangan elastisitasnya.

Untuk menghindarinya, kamu bisa melatih postur yang baik dan melembapkan kulit leher untuk meningkatkan pembaruan sel.

Nah sekarang sudah tahu kan bahaya terlalu sering menggenggam smartphone, hati-hati ya guys.

Reporter: Syifa Fauziah

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.