Terkait Smartphone, Rudiantara: Jangan Samakan Indonesia dengan Tiongkok

Oleh Tommy Kurnia pada 29 Mei 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 29 Mei 2018, 12:00 WIB
Rudiantara berbincang dengan pekerja pabrik Advan di Semarang
Perbesar
Rudiantara berbincang dengan pekerja pabrik Advan di Semarang. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menolak membanding-bandingkan Indonesia dan Tiongkok terkait smartphone.

Perbandingan yang ditolaknya adalah perihal kebijakan pemerintahan Tiongkok yang meringankan pajak di industri tersebut.

"Kalau Tiongkok itu beda. Di sana, produk lain tidak boleh masuk," ujar Rudiantara di sela-sela acara buka bersama Advan pada Senin (29/5/2018) di Semarang kemarin.

Rudiantara mengaku siap membantu sektor telekomunikasi, seperti vendor smartphone lokal, tetapi tidak melulu lewat cara meringankan pajak.

"Kalau cuma pengurangan pajak, semuanya juga mau. Kita harus memakai ide yang benar-benar sebagai insentif. Misalnya, (ciptakan) kawasan ekonomi khusus digital, dan pabrik di situ pajaknya berbeda perlakuannya," kata Rudiantara.

Ia berharap adanya proposal kreatif dari sektor industri, sementara pihak Kemkominfo terus mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk memeratakan penyebaran teknologi.

Beberapa target pemerintah yang sedang dikejar adalah smartphone murah dan sinyal yang bagus di seluruh pelosok negeri.

"Kita diminta bangun dari pinggiran, kita bangun Palapa Ring. Itu juga agenda 12 tahun lalu, yang penting eksekusi," ucapnya.


Tanggal Operasi Palapa Ring Tengah dan Timur

Proyek Palapa Ring Mulai Beroperasi Akhir 2018
Perbesar
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, menyatakan Palapa Ring akan mulai beroperasi pada akhir 2018 (Foto: Ist)

Dalam kesempatan yang sama, Rudiantara memberikan informasi tentang pengoperasian Palapa Ring bagian tengah dan timur.

"Palapa Ring Barat sudah operasi. Jumat lalu saat saya ke Manado untuk mengecek Palapa Ring Tengah, Insyaallah pada September konstruksinya sudah selesai. Kemudian Palapa Ring Timur juga pada Desember di Papua selesai," kata Rudiantara.

Rudiantara juga berjanji akan terus mengajak operator untuk membangun sinyal di berbagai daerah di Indonesia.

(Tom/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya