Sukses

Jaringan 4G XL Sudah Sambangi 376 Kota dan Kabupaten

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas cakupan jaringan 4G LTE ke berbagai wilayah, termasuk di beberapa area pelosok.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas cakupan jaringan 4G LTE ke berbagai wilayah, termasuk di beberapa area pelosok.

Tercatat, hingga saat ini sebanyak 376 kota/kabupaten Indonesia telah terjangkau jaringan 4G LTE milik XL.

Perluasan cakupan jaringan ini merupakan salah satu bentuk komitmen XL Axiata untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan infrastruktur jaringan internet cepat bagi masyarakat di wilayah pedalaman, yakni daerah-daerah yang relatif cukup sulit dijangkau melalui jalur transportasi baik darat, laut, maupun udara.

Keberadaan jaringan 4G LTE akan menjadi jembatan penghubung yang penting bagi masyarakat, industri, dan pemerintah di daerah-daerah tersebut.

"Ketersediaan jaringan internet cepat ini diharapkan semakin mendukung perkembangan aktivitas perekonomian masyarakat setempat, sehingga pada akhirnya akan semakin mendorong peningkatan penggunaan layanan data, sejalan dengan fokus kami untuk terus memperluas penetrasi layanan data terutama di luar pulau Jawa," jelas Group Head Commercial LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, dalam keterangan resminya, Sabtu (26/5/2018).

Rahmadi menambahkan, masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan internet semakin banyak. Mereka telah merasakan manfaat dari sarana internet untuk berbagai keperluan, baik untuk menunjang kebutuhan sosial dan hiburan, maupun sebagai sarana pendukung produktivitas.

Oleh karena itu, kata Rahmadi, tidak mengherankan jika kemudian pelanggan yang berada di berbagai area yang belum dijangkau layanan 4G kini sangat berharap bisa segera mendapatkannya karena mereka paham kualitas internet cepat akan semakin menambah manfaat.

Apalagi, internet kini juga menjadi sarana penunjang utama untuk pendidikan anak di sekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Wilayah yang Dijangkau 4G LTE XL

Wilayah yang baru saja mendapatkan layanan 4G LTE dari XL Axiata, antara lain adalah Kota dan Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu di Nusa Tenggara Barat, serta Kabupaten Sekadau dan Bengkayang di Kalimantan Barat.

Selain itu, juga ada Kabupaten Konawe Utara dan Bombana, Pahuwatu di Gorontalo, Bener Meriah di Aceh serta pulau Sebira, yakni pulau terluar yang terletak ujung paling utara dari gugusan Kepulauan Seribu.

Saat ini fokus XL Axiata adalah penambahan kota/kabupaten baru untuk luar Jawa, karena di Jawa semuanya diklaim sudah terjangkau 4G LTE. XL Axiata saat ini memiliki 22 ribu BTS 4G, dengan total jumlah pelanggan 4G mencapai sekira 30 juta.

Jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekira 54,5 juta, dengan 76 persen di antaranya merupakan pelanggan data.

Operator seluler ini memiliki total lebih dari 105 ribu BTS, termasuk lebih dari 68 ribu BTS 3G dan 4G, serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km.

3 dari 3 halaman

Layanan 4,5G Semakin Luas

Seiring dengan perluasan 4G LTE, XL Axiata juga terus memperluas jaringan 4,5G. Hingga saat ini, sudah lebih dari 100 kota/kabupaten yang bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan akses hingga 100Mbps itu.

XL Axiata telah menerapkan teknologi dan berinovasi untuk meningkatkan kualitas jaringan, salah satunya berupa teknologi 4,5G yang meliputi Carrier Aggregation, 256 QAM, serta 4T4R 4x4 MIMO.

Penerapan semua teknologi tersebut bertujuan untuk memberikan layanan data dan internet yang lebih stabil, kapasitas lebih besar dan kecepatan akses lebih baik.

Kota-kota tersebut tersebar baik di Jawa maupun luar Jawa. Kota-kota di Jawa antara lain seluruh Jabodetabek, Serang dan Cilegon di Provinsi Banten.

Di Jawa Barat ada Bandung dan kota-kota sekitarnya, Cirebon, Sukabumi, Purwakarta, Subang, hingga Sumedang.

Di Jawa Tengah ada Semarang, Tegal, Pekalongan, Cilacap, Magelang, Solo, hingga Kudus. Jawa Timur ada Surabaya, Malang, Sidoarjo, Pasuruan, hingga Sampang dan Bangkalan.

Di luar Jawa, layanan 4,5G XL Axiata antara lain berada di Bali, yaitu di Denpasar, Badung, Tabanan, Klungkung, hingga Buleleng.

Lalu seluruh kota/kabupaten di Lombok di NTB. Sementara itu, di wilayah Sumatera berada di Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang, dan Binjai. Lalu ada juga di Batam, Tanjungpinang, Bangka, dan Belitung.

Perluasan infrastruktur jaringan layanan data akan terus dilakukan XL Axiata, sejalan dengan fokus perusahaan untuk mendorong perkembangan dan pertumbuhan penggunaan layanan data di masyarakat.

Hal ini sekaligus merupakan kontributor utama untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.