Sukses

Asisten Cerdas Bixby Bakal Hadir di Semua Smartphone Samsung

Samsung akan menghadirkan asisten cerdas Bixby di semua perangkat, termasuk smartphone-nya.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung mengumumkan pihaknya akan mengintegrasikan asisten cerdas Bixby ke seluruh perangkatnya pada 2020.

Bixby pertama kali diperkenalkan pada 2017, yakni pada flagship smartphone Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Dalam interview dengan Wall Street Journal sebagaimana dikutip dari Android Authority, Senin (28/5/2018), Head Consumer Electronics Samsung Kim Hyun-suk mengonfirmasi hal tersebut.

Kim menyebutkan, perusahaan akan menghadirkan konektivitas internet dan asisten virtual (Bixby) ke semua produknya per 2020. Tujuannya, menurut Kim, untuk menciptakan ekosistem lewat aplikasi SmartThings.

Kim mengakui, upaya menghadirkan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) sebelumnya tidak berfungsi lantaran kurangnya kohesi dengan produk-produk yang dikirimnya. Samsung tidak ingin mengulang kesalahan tersebut dan kini semuanya akan berpusat pada AI.

Untuk diketahui, AI saat ini menjadi kata kunci baru yang banyak digunakan produsen dalam smartphone-nya.

Perusahaan Korea Selatan itu menilai, AI merupakan fokus perusahaan dalam bersaing melawan perusahaan-perusahaan teknologi asal Tiongkok dan Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buka Tiga Pusat Riset AI

Untuk mengembangkan AI, perusahaan membuka tiga pusat riset AI bulan ini dan membentuk sebuah Dewan AI.

Dewan ini terdiri dari 20 orang pejabat di Samsung dan mereka bertemu tiap bulan sekali.

Tentunya, upaya Samsung untuk berfokus pada AI adalah hal yang sangat baik. Kendati begitu, Bixby harus jadi asisten yang lebih baik jika perusahaan ingin visinya tercapai.

Sebelumnya, Samsung pernah menunda peluncuran Bixby secara global lantaran terkendala masalah bahasa Inggris.

Samsung juga berharap mengalami perubahan dengan hadirnya Bixby 2.0 yang telah dikonfirmasi oleh AI Research Center Head Gray G Lee.

Menurut Lee, Bixby 2.0 akan menghadirkan perbaikan pada pemrosesan bahasa agar lebih natural, hambatan suara, dan waktu responsnya.

Lee juga mengonfirmasi, asisten virtual versi 2.0 yang telah diperbaiki itu kemungkinan hadir pada Galaxy Note 9. Meski tidak menyebut detail, kemungkinan Samsung mendapatkan keuntungan berkat akuisisi startup berbasis AI yang dilakukannya.

3 dari 3 halaman

Hadir di Galaxy Note 9

Samsung mengumumkan akan merilis Galaxy Note 9 dengan Bixby 2.0. Asisten virtual terbaru ini disebut akan hadir dengan kemampuan bahasa yang lebih ditingkatkan.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (21/5/2018), Bixby 2.0 akan mampu mengenali suara bahkan saat dalam suasana berisik. Selain itu, asisten virtual ini akan memiliki fitur yang lebih kaya ketimbang versi terdahulu.

Untuk meningkatkan kemampuan Bixby, Samsung turut meningkatkan ahli yang bekerja untuk asisten virtual ini.

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut menambah 1.000 ahli di pusat penelitian, termasuk mempertimbangkan merger dengan bisnis kecerdasan buatan lain.

"Visi kecerdasan buatan Samsung memiliki lima tujuan, seperti fokus pada pengguna, selalu belajar, selalu tersedia, selalu membantu, dan selalu aman," tutur Head of the AI Center dari Samsung Research Gray G Lee.

Menurut rencana, Samsung akan membenamkan asisten virtual tersebut ke 14 juta perangkat sepanjang tahun ini. Adapun langkah ke depannya, pada 2020, seluruh perangkat smart home Samsung akan memakai Bixby.

Adapun Galaxy Note 9 diprediksi akan rilis pada Agustus 2018. Karena itu, menarik untuk menunggu pengumuman Samsung terkait kehadiran Bixby generasi kedua yang disebut akan memiliki kemampuan lebih mumpuni.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.