Sukses

Konsumen Kucurkan Rp 600 Ribu untuk Belanja Online Selama Ramadan

Angka traffic tersebut bahkan meningkat hingga 142 persen di minggu ketiga Ramadan dan kemudian menurun pada minggu keempat hingga 56 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan menjadi momen yang membuat perusahaan-perusahaan e-commerce turut berbahagia. Mengapa demikian? Sebab bulan ini juga memberikan dampak terhadap peningkatan volume transaksi.

Berdasarkan data survei yang digelar secara online oleh Shopback, traffic kunjungan ke situs dan aplikasi Shopback di dua negara, yakni Malaysia meningkat hingga 104 persen, dan naik 102 persen di Indonesia. Ini terjadi di minggu pertama Ramadan.

Untuk Indonesia, angka traffic tersebut bahkan meningkat hingga 142 persen di minggu ketiga Ramadan dan kemudian menurun pada minggu keempat hingga 56 persen.

Lantas, berapa rata-rata uang yang dikeluarkan orang Indonesia saat Ramadan untuk berbelanja online?

Menurut data tersebut, pada tahun lalu, masyarakat Indonesia menghabiskan rata-rata Rp 678.726,56.

Hanya saja, meski volume transaksi meningkat, nilai pembelian dari setiap transaksi tetap tidak berubah.

"Walaupun nilai pembelian tidak menunjukkan pertumbuhan yang signifikan tahun lalu, di platform kami mengalami pertumbuhan jumlah transaksi dan nilai pembelian hingga dua kali lipat di Ramadan tahun ini," ujar Indra Yonathan, Co-Founder & Country Head of Shopback Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Kali Peningkatan Traffic

Sementara itu, terkait waktu yang paling sering orang mengakses platform e-commerce di bulan Ramadan, dari data Shopback menunjukkan terjadi dua kali peningkatan traffic dalam satu hari selama bulan Ramadan tahun lalu. 

Pertama terjadi pada pukul 10.00-11.00 WIB, dan kedua pada pukul 16.00-17.00 WIB. Hal yang sama juga akan terjadi di Ramadan tahun ini.

"Peningkatan jumlah kunjungan di pukul 16.00-17.00 WIB, merupakan fenomena yang terjadi hanya di Ramadan. Rata-rata peningkatannya pun mencapai 50 persen dan semakin meningkat di dua minggu terakhir Ramadan," ujar Yonathan.

Reporter: Fauzan Jamaludin

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.