Sukses

Google Pixel 3 Bakal Usung 'Poni' ala iPhone X?

Salah satu perubahan desain baru yang akan dibawa pada smartphone ini adalah kehadiran 'poni' di atas layar smartphone alias notch ala iPhone X.

Liputan6.com, Jakarta - Flagship smartphone teranyar Google, yakni Google Pixel 3, dikabarkan akan mengusung desain yang berbeda dari seri pendahulunya.

Salah satu perubahan desain baru yang akan dibawa pada smartphone ini adalah kehadiran 'poni' di atas layar smartphone alias notch ala iPhone X.

Dilansir BGR pada Selasa (22/5/2018), Google memang belum buka-bukaan soal desain smartphone terbarunya ini.

Namun jika merujuk pada antarmuka baru Android P, tampak jelas sepertinya Google menyisakan ruang di tengah atas layar untuk notch smartphone-nya.

Dari screenshot yang diperlihatkan di bawah, panel notifikasi di atas layar terbagi menjadi dua bagian.

Di sisi kiri, tampak ikon jam dan beberapa ikon aplikasi. Sementara di sisi kanan, tampak beberapa ikon tambahan seperti ikon penanda getaran, do not disturb, WiFi, sinyal, dan kondisi baterai. Kemudian bagian tengah dikosongkan dan memicu anggapan kalau slot tersebut dikhususkan untuk notch.

Pixel 3 dikabarkan akan meluncur dalam waktu dekat, tepatnya pertengahan tahun ini. Bahkan, Google berencana merilis ponsel Pixel dengan harga terjangkau untuk berbagai pasar berkembang, seperti India.

Pasar berkembang dinilai sebagai target yang tepat untuk smartphone Pixel harga terjangkau, tapi produk yang sama tetap memiliki peluang baik di negara-negara lain.

Sejauh ini belum ada informasi tentang spesifikasi smartphone tersebut. Namun, Google kemungkinan sudah memasukkan smartphone itu dalam tahap pengembangan lanjutan.

Menurut sumber, peluncurannya kemungkinan akan digelar pada Juli atau Agustus 2018. Pihak Google belum memberikan pernyataannya terkait smartphone itu.

India disebut akan memainkan peran penting dalam penjualan smartphone ini dan Google bakal memasarkannya dengan cukup agresif.

Smartphone ini pun sekaligus menjadi salah satu langkah agresif Google di India, mengingat perusahaan juga sedang berencana merilis speaker pintar dan Pixel Book terbaru di negara tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi Besar di India

Kehadiran kedua produk tersebut kian menegaskan upaya Google membidik pasar konsumen di India. Selain itu, para pimpinan Google dilaporkan sudah bertemu dengan sejumlah ritel top di beberapa pasar berkembang, seperti India, pada Maret 2018, untuk menguatkan bisnis produk konsumennya.

"Google sangat tertarik dengan ekspansi bisnis produk konsumen di India berkat tawaran tarif internet 4G murah dari Reliance Jio dan sejumlah operator lain, yang akan membantu merealisasikan potensi maksimal dari produk-produk tersebut," ungkap seorang sumber dari perusahaan ritel di India.

Google juga diyakini berusaha keras, termasuk memperluas saluran distribusi di India. Untuk diketahui, penjualan produk Google mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir di Negeri Bollywood tersebut.

"Google juga akan melakukan in-store branding dan memberikan tanda di toko-toko tertentu, serta mengatur zona eksklusif dengan peralatan khusus seperti yang dilakukan Apple," tutur seorang eksekutif Google yang namanya dirahasiakan.

3 dari 3 halaman

Google Juga Bakal Rilis Smartwatch Pixel

Google saat ini tengah menyiapkan smartwatch atau jam tangan pintar dari lini perangkat Pixel.

Dilansir GSM Arena, Senin (14/5/2018), informasi ini berasal dari Evan Blass, yang kerap memberikan bocoran tentang berbagai smartphone baru.

Menurut informasi dari sumbernya, Evan mengatakan bahwa smartwatch Pixel akan diumumkan bersamaan dengan smartphone Pixel 3 dan 3XL, serta generasi kedua Pixel Buds.

Sayangnya, tidak ada informasi tentang spesifikasi smartwatch berbasis Wear OS tersebut. Google diperkirakan akan mengumumkan jajaran produk barunya ini pada periode semester II 2018.

"Selain Pixel 3, Pixel 3XL dan generasi kedua Pixel Buds, sumber terpercaya memberitahu saya bahwa acara hardware Google pada musim gugur ini, juga akan mengumumkan jam Pixel," tulis Evan di akun Twitter miliknya.

Adapun sejauh ini, pihak Google belum memberikan konfirmasi tentang rencana kehadiran jam tangan pintar tersebut. Namun yang pasti, kehadiran smartwatch ini akan semakin meramaikan pasar perangkat wearable.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.